Kasmanto's Weblog

Shooting 2 Cam.

Siswaku SMKN 7 JKT yang ingin menggeluti Dunia Video Shooting, berikut beberapa peralatan tambahan untuk Shooting Video selain Camcoder dan komputer :

• suara

untuk teknik pengambilan suara panggung menurut saya paling baik bila anda mengambilnya terpisah dari dunia video, bila anda mempunyai budget lebih mungkin bisa menggunakan notebook, dan mengambil suara dari audio mixer secara digital.

• light

usahakan menggunakan light yang sesuai kebutuhan (hindari backlight), lebih baik lagi jika di lampu anda menggunakan kipas agar lebih awet

• Shooting Hiburan dengan lebih dari 1 camera

Anda sudah bagus peralatannya, untuk membuat effect suara hiburan supaya tidak terputus dengan menggunakan 2 camera, hal yang anda lakukan adalah:

1. Camera ke-1 hanya untuk suara, hidupkan (On) terus sampai lagu/music selesai.

2. Camera ke-2 buat Gambar, dan buatlah berpindah-pindah, misalnya shoot penonton, pemain musicnya, penyanyinya dari beberapa sudut, usahakan membuat sudut lebih dari 45 derajat. Hasil dari camera-2 ini nantinya suara dibuang. dan suara yang dipakai adalah

suara dari camera-1.

3. Anda tinggal mencocokkan potongan2 Camcoder-2 dengan track lagu dari Camcoder-1. Memang memerlukan waktu, tapi kalau sudah biasa tidak akan menyulitkan.

4. Kalau belum biasa, Camcoder-2 ambil penonton atau penabuh music saja, permasalahannya kalau anda mengambil penyanyi anda akan sedikit kesulitan mencocokan ucapan (maaf) mulut penyanyi dengan hasil suara Camcoder-1.

1. Pake Taping ( Multicamera)

Betul kalo mo lebih dari 1 Camcoder,(Multicam) enaknya pake Video Switcher/Visio Mixer, trus Record di 1 VTR/VCR atau kalo gak ada VTR bisa direcord ke handycam via S-video atau Y/C(Composite). Audionya ambil dari mixer soundsystem/FOH trus diconnect ke input audionya VTR.

Kalau mau pake 2 Camcode pake mixer video CMX-07, kalo 4 Camcoder bisa pake Videonics ato Edirol V4, banyak ko yg nyewain(250rb-an). kelengkapan lain kamu hrs punya kabel video yg panjang buat dari kamera ke Mixer, bisa pake RG58 ato RG59. Trus untuk audio pake kabel stereo yg agak panjang buat nyambung dari mixer audio ke VTR. Kalau pake sistem ini kamu bisa langsung tayangin pengambilan gambarmu pake LCD projecor ke Screen ato ke TV. kelengkapan lainnya sebenarnya masih banyak untuk bisnis Dunia Video. Namun dengan alat yang anda punya maksimalkanlah kelebihan dari alat-alat tersebut.

Jakarta, 15 Agustus 2011

Kas _

3 Tanggapan to "Shooting 2 Cam."

wh postingan yg membantu..:D
knjungi jg ya klo pgen tau sekitar atikel IT…
http://jejaringsosialinternet.blogspot.com

kalo boleh tau ngeditnya pake software apa ya? aku anak sma yang ditugasin bikin film, jadi belum tau.mohon bantuannya.

softwarenya pakai ulead, corelstudio, movie maker, adobe primer dan lain-lain, sangat banyak koq, bisa di down load gratis. semoga berhasil aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Mei 2017
S S R K J S M
« Okt    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Acara Akan Datang

Tak ada acara mendatang

Kategori

Kategori

Blog Stats

  • 219,188 hits
%d blogger menyukai ini: