Kasmanto's Weblog

Mixer MG 24 Yamaha

Chanel 1 Sebagai Input

1. Tombol Phantom +48 Volt 1-8 CH On/Ditekan
2. PAD Off/Tidak ditekan
3. Gain 50%
4. V80 Off/Tidak ditekan
5. Potensiometer Hijau (Hight, Mid, Low) Default
6. Potensio Mid Hijau 50%
7. Potensiometer Biru (Aux1, 2, 3, 4) Default
8. Tombol Pre Aux 1,2 On/Ditekan
9. Tombol Pre Aux 3,4 On/Ditekan
10. Potensio Effect 1,2 Default
11. Tombol Aux 5,6 Off/Tidak ditekan
12. Potensiometer PAN Default
13. Tombol On Chanel On/Ditekan
14. Tombol PFL Volume geser Mic On/Ditekan
15. Tombol ST/Stereo On/Ditekan
16. Potensiometer Volume Mic Geser Posisi 5

17. Potensio EFF RTN-1 Posisi 9
18. Tombol PFL Volume EFF On/Ditekan
19. Tombol ST Volume EFF RTN 1 On/Ditekan
20. Potensio Aux Pre 1,2,3,4 Default
21. Potensio Parameter Volume 30%
22. Switch Selecktor 1,2 Posisi 5/sesuai kebutuhan
23. Potensio ST, Return, 1,2 PAN Default
24. Potensio 2 TR in Default
25. Tombol display Group Off/Tidak ditekan

Nb :
Output ST Sub Out, ST insert I/O dan AUX Out
Tombol On/Off setting dibelakang dekat line output.

Selamat berexperimen dalam perekaman Audio.

Jakarta, 16 September 2011

Kasmant_

15 Tanggapan to "Mixer MG 24 Yamaha"

Boss, numpang tanya (itung-itung bisa belajar) : Saya punya MG 24/14 FX, tapi cara pakainya masih bingung.
1. Apa fungsi “phantom”? apakah tidak akan merusak Microphone?
2. Bagaimana menggunakan AUX?
3. Bagaimana menggunakan Effect?
4. Bagaimana cara routing ke EQ dan Power. Saya pakai EQ DBX 1231, power DAAD 15K 2 unit.

Mohon bantuannya.

Fungsi Phantom adalah agar sinyal dari microphone lebih peka dari input mixer, dan tidak merusak microphone, tapi sangat baik pada microphone. karena sinyal kecil mendapatkan daya yg besar.
Gunanya aux adalah jika kita menggunakan media player lainnya yang outputnya sangat besar maka pada aux akan disesuaikan, agar inputnya matching tidak terlampau besar.
menggunakan effect lihat pada materi saya, dengan merubah sedikit pada efect sudah dapat bekerja, silahkan dicoba.
output dari mixer disambungkan ke input dari EQ dan atur sinyalnya, dan output dari EQ ke input dari Power DAAD 15K 2 unit.

Terimakasih atas informainya, kalu masih bisa tanya, bagaimana cara mendapatkan hasil yang baik dalam men-setting sinyal EQ DBX 1231?. terimakasih.

*phantom itu biasanya dipake buat mic2 condensor yg biasanya memerlukan baterai…jadi kalau condensornya gak ada baterainya, tinggal tekan aja tombol phantomnya, di channel tsb, kalo buat mic2 biasa atau dynamic, jangan sekali2 dipakai, soalnya dapat merusak microphone…, di phantom itu ada listrik sebesar 48 volt….

* aux itu, sama seperti output

klo efect, calling aja saya di 085695433127 atau 02191374983…… buat nanya yg lain2

terima kasih, sarannya aja juga mic dynamic yang pakai bateray bisa juga dipakai.

Hai Pak Thata, kalau mic wareless kan pakai batere, bisakah kita gunakan phantom?. sekalian, saya sedang cari power 1200 x 2 dengan kondisi second/bekas (ngirit uang) untuk angkat subwoofer Kappa 18″. Juga lagi cari Speaker Aktif Beta3 15″ 2 way (kondisi secoond/bekas), apa ada info?. trims.

Ijin nyimak mas bro, saya juga lagi megang mx24 yamaha namun belum paham,,

silahkan mas, semoga cepat bisa aamiin.

”BELAJAR SOUND secara LENGKAP TAPI MURAH”

Sejak berdiri tahun 2009 kami telah berpengalaman melatih lebih dari 1425 siswa di bidang Live Sound di seluruh Indonesia.
Memang betul, dengan belajar sound, banyak hal dapat dihemat : komplain, waktu, dan biaya. Komplain seperti feedback-noise-suara tidak enak, akan teratasi. Waktu setting cepat dan biaya dapat dihemat karena resiko salah beli dan salah pakai tidak ada lagi.

Walau biayanya sangat terjangkau, belajar di SSS tidak bisa dibilang ringan karena pelajarannya lengkap meliputi teori dan praktek. Alat yang dilatih adalah : compressor, mixer, equalizer, crossover, mixing, mic, speaker, power, dsb. Seluruh perlengkapan live sound dipelajari disini.
Belajar di SSS sangat terjangkau karena hanya Rp. 850rb per-peserta (termasuk makan siang).

Materi dan perlengkapan yang dibahas di kelas Basic adalah : Microphone, Line, Feedback, Mixer, Equalizer, Crossover, Compressor, Effect Reverb, Mixing, Delay, Gate, Power, Speaker, Monitor, Phase, Desain dan Lay-Out.

Materi yang dibahas di kelas Advanced adalah : Golden Ear, Speaker Management, Mixer Digital, Music Analysis, Optimum Gain, Dynamic Control, dan praktek mixing live music.

Bila peserta merasa belum cukup menguasai, maka peserta berhak mengulang gratis (hanya perlu membayar biaya makan antara 35-60rb).

Kami menggunakan alat-alat analog dalam training Basic kami, karena kami berpendapat alat-alat analog merupakan dasar yang baik untuk belajar. Tetapi di training Advanced, kami menggunakan alat full-digital. Sehingga siswa menguasai sistem sound analog maupun digital.
untuk informasi lebih lanjut silakan klik di http://www.soundsystemschool.com
atau hubungi kami di contac : (021)93930555 atau 08998100555
sekarang juga

semoga sukses usahanya mas, kami siap membantu maintenancenya ok !

mixer manual aja msh pd bingung.. hadeh… gmn law aku ksh mixer digital yamaha mc7cl. dan ls9. tau ane ksh venu sc48🙂🙂

Selamat bergabung di bloger pak kasmanto, Ajie Xmm2, semoga sukses Aamiin.

menurut saya phantom +48v jangan di tekan. hanya kalau anda punya mic khusus phantom saja baru di tekan, itu aja harus di sendirikan inputnya dengan mic biasa.power phantom hanya ada di socket XLR. karena mic yang salah atau input salah ketika phantom di tekan akan merusak mixer dan peralatan yang terhubung dengan power phantom. phantom bukan digunakan agar mic jadi peka. kalau pengen mic peka ya gain di buka. phantom berguna untuk supply mic yang butuh arus listrik.

Terima kasih mas Awanda, memang harusnya begitu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Acara Akan Datang

Tak ada acara mendatang

Kategori

Kategori

Blog Stats

  • 205,801 hits
%d blogger menyukai ini: