Kasmanto's Weblog

lap. praktek

Daftar isi

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………………2
Latar Belakang…………………………………………………………………………………………3
Maksud dan tujuan……………………………………………………………………………………..5
Isi CD Interaktif………………………………………………………………………………………..6
Langkah Kerja…………………………………………………………………………………………17
penutup……………………………………………….………………………………………………45

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan Proposal ini. Penulis juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembuatan proposal ini kepada Kepala Sekolah SMKN 7 Jakarta, Wali Kelas XII Multimedia, Bu Ipung Purwani dan kepada Guru guru pembimbing kami di sekolah, Pak Kasmanto, Pak Agus dan Pak Wisnu juga kepada teman – teman kelas XII Multimedia yang memberikan motivasi serta dukungan kepada saya, sehingga penulis bisa menyelesaikan proposal “Pembuatan CD Interaktif Macromedia Flash 8”
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan Proposal ini masih banyak kekurangan, baik dari segi isi, penulisan maupun kata-kata yang digunakan. Oleh karena itu, segala kritik dan saran yang bersifat membangun guna perbaikan laporan kerja praktek ini lebih lanjut, akan penulis terima dengan senang hati.

Jakarta, 4 Maret 2011

M Azmi Habiburrahman

LATAR BELAKANG

Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin cepat. Kebutuhan konsumen akan teknologi pun semakin banyak, baik untuk menyesuaikan diri dengan keinginan pasar maupun untuk eksistensi diri dalam pergaulan sosial manapun. Berbagai macam media hadir untuk memberikan fungsi-fungsi baru dengan kebutuhan tertentu. Lalu kita mengenal CD Interaktif (Multimedia Interaktif). CD Interaktif (CD-i) adalah media visual digital, yang mampu memberikan berbagai macam fungsi dalam penggunaannya. Konsep dan bentuknya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna CD-i ini.
Pada dasarnya CD-i ini terdiri dari berbagai macam menu yang interaktif, dan disajikan / ditampilkan dengan visual grafis serta animasi yang mendukung presentasi digital dalam CD-i tersebut. Data-data penting, seperti profile (teks), gambar, maupun audio visual (video) dapat dimasukkan ke dalam CD-i ini. Narasi (audio) pun juga bisa melengkapi tampilan CD–i. Karena merupakan media digital, CD-i ini dapat diakses ke semua komputer. Hal ini penting, karena hampir semua orang yang ada di Indonesia telah menggunakan komputer dan laptop. Jadi memungkinkan penyampaian CD-i ini dapat secara efektif tersebar sesuai dengan target yang telah dirancang. Bahkan CD-i memberikan kemudahan dalam pendistribusiannya khususnya di media internet. Sehingga klien Anda dapat dengan mudah mendapatkannya, hanya dengan memberitahukan link hosting tempat dimana Anda menyimpan file CD-i Anda. Selanjutnya klien Anda tinggal men-downloadnya.
Kesan yang diberikan dari kehadiran CD-i ini mampu mengangkat citra perusahaan atau pengguna CD-i, yaitu praktis, elegan, hi-tech, dan eksklusif serta lebih personal. Bisa juga media CD-i ini disebut dengan versi offline dari Website, sehingga memungkinkan orang / konsumen yang jarang ber”seluncur” online dapat mengakses dari komputer atau laptop pribadinya.Bagaimana dengan fungsinya? CD-i mampu menawarkan begitu banyak pilihan konsep dan fungsi. Berikut fungsi dan manfaat dari CD-i :

1. CD Profil Perusahaan, Band, Personal
2. CD Katalog Produk atau Jasa
3. CD Annual Report
4. CD Presentasi (workshop, seminar, marketing, dll)
5. CD Interactive Slide Show
6. CD Pendukung Informasi (dalam Buku, Seminar Kit, dll)
7. CD Simulasi Event atau Produk
8. dll (mungkin anda memiliki ide baru untuk konsep CD-i

Kontennya pun juga dapat dirubah sesuai dengan yang dibutuhkan. Begitu juga dengan penyajian dalam kemasan (packaging) CD-i dapat dibuat / didesain sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Sehingga CD Interaktif merupakan salah satu media yang tepat untuk mengangkat citra perusahaan atau dalam aktivitas promosi. Disamping memberikan cukup banyak kemudahan, CD-i mampu memuat banyak sekali informasi bagi target market. Oleh karena itu Penulis membuat CD Interaktif Macromedia Flash 8 ini .

MAKSUD DAN TUJUAN
• Memberikan Kemudahan kepada para siswa dalam belajar macromedia flash 8
• Memberikan Kemudahan kepada guru dalam mengajar animasi kepada para siswanya
• Mendapatkan nilai yang baik dalam Ujian Komptensi Multimedia
• Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan
• Memungkinkan siswa belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya
• Merangsang siswa untuk tidak mudah lupa pada materi yang sudah dipelajari
• Dapat mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar

Isi CD Interaktif
Isi CD Interaktif Macromedia adalah
Home
Home ini adalah awal pertama kali kita masuk. Dan menjadi halaman awal dalam cd interaktif ini. Home ini berisi animasi yang menunjukkan isi atau judul CD interkatif ini.
Profile
Profile ini berisikan tentang biodata dari sang pembuat cd interaktif ini
Berikut adalah biodatanya
Biodata
Nama : Muhammad Azmi Habiburrahman
TTL : 1 November 1993
Jenis Kelamin : Laki- laki
Agama : Islam
Pendidikan : Kelas XII Multimedia SMKN 7 Jakarta
Hobi : Main Komputer
Cita –cita : Menjadi Guru Multimedia
No Telp :085695012610
Email :Habiburrahman.azmi07@gmail.com
Alamat : Jl Palmeriam No.15 Rt 014/07 Palmeriam, Matraman Jakarta Timur

Gallery

Gallery ini berisi contoh- contoh hasil flash animasi 2 dimensi

Ini adalah salah satu contoh animasi 2 dimensi yang akan dimasukkan kedalam CD Interaktif.

JAM DIGITAL =>

Exit
Exit adalah halaman sebagai transisi sebelum keluar dari CD Interaktif

Tutorial
Tutorial adalah inti dari CD Interaktif ini yaitu berisi tutorial/ cara-cara pembuatan animasi di Macromedia Flash 8. Tutorial ini terbagi menjadi 3 yaitu :
1. Tutorial Dasar

Tutorial dasar ini berisikan dengan dasar-dasar dan pengenalan area
kerja dan toolbox di Macromedia Flash 8.

2. Tutorial Menengah
Tutorial Menengah ini mempelajari animasi 2 dimensi dengan membuat teks berjalan dan membuat animation tween
Pengenalan Flash 8
Apa itu Macromedia Flash?
Macromedia Flash adalah sebuah program grafis dan animasi yang keberadaannya ditujukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat animasi web interkatif, film animasi kartun, presentasi bisnis atau kegiatan, company/organization profile dan game flash yang menarik. Oleh karena itulah, maka pada program Macromedia Flash ini disediakan berbagai fasilitas serta kemampuan penunjang lainnya yang berfungsi sebagai sarana untuk berkreasi guna melahirkan ide-ide yang tersimpan didalam pikiran kita. Dengan begitu, terbukalah jalan untuk menyalurkan ide-ide cemerlang yang kita miliki untuk mewujudkan karya – karya kita.
Maromedia Flash, sebagai program multimedia dan animasi, mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan program animasi lainnya, yaitu:
• Seorang pemula yang masih awam terhadap dunia desain dan animasi dapat dengan mudah mempelajari dan memahami macromedia flash tanpaharus dibekali dasar pengetahuan yang tinggi tentang bidang tersebut.
• Pengguna program Macromedia Flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan luwes(bebas)sesuai dengan alur adegan animasi yang diinginkan.
• Macromedia flash ini dapat menghasilkan file dengan ukuran kecil. Hal ini dikarenakan, flash menggunakan animasi dengan berbasis vector dan juga ukuran file flash yang kecil berdampak tidak dibutuhkannya waktu loading yang lama untuk membuka halaman web tersebut.
• Macromedia Flash menghasilkan file bertipe (ekstensi).FLA yang bersifat fleksibel karena dapat mengkonersikan memjadi file berekstensi .swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov. Hal ini memungkinkan penggunaan program Macromedia Flash ini untuk berbagai keperluan yang kita inginkan.

Area Kerja Flash 8
Setiap program desain dan animasi dibuat dengan memiliki area kerja yang memiliki ke khasan tersendiri diantara satu program dengan program lainnya. Pada area kerja yang telah disediakan itulah kita diberikan kemudahan berupa tersediannya berbagai macam fasilitas yang akan kita gunakan untuk berkreasi membuat desai-desain sesuai dengan ide-ide yang didalam benak kita. Sama halnya dengan dengan program flash 8 ini yang pada area kerjanya dilengkapi dengan tiga komponen utama yang penting yaitu ToolBox, Timeline, Stage. Ketiga komponen tersebut ditunjang lagi dengan dua komponen lain, yaitu Menu dan Panel.

I. ToolBox

Satu dari tiga komponen utama pada Flash 8 yang berisi alat-alat yang berguna pada saat menggambar dan mewarnai objek telah kita buat stage. Selain itu pula, pada toolbox ini terdapat pula alat pendukung yang berguna untuk mengatur pandangan kerja pada saat bekerja di stage.

Toolbox ini akan kita bagi menjadi tiga bagian penting berdasarkan kegunaannya yaitu:

a. Tools
Arrow tool : digunakan untuk memilih objek yang akan dimodifikasi dan dipindahkan pososo objek pada stage.

Subselection tool: digunakanuntuk memilih objek dan mengubah bentuk dengan mengubah posisi titik-titik pada line, rectangle dan oval

Line tool : digunakan untuk membuat objek garis pada stage .

Lasso Tool : digunakan untuk memilih sebagaian dari objek yang ada pada stage.

Pen Tool : digunakan untuk membuat objek berupa garis dengan varisasi garis lengkung dengan mengubah posisi titik- titik pada garis.

Text tool : digunakan untuk membuat objek berupa tulisan (teks)

Oval tool : digunakan untuk membuat objek berbentuk lingkaran

Rectangle tool : digunakan untuk membuat objek berbentuk kotak

Pencil tool : digunakan untuk membuat objek dengan cara menggambar

Brush tool : digunakan untuk membuat objek dengan alat menyerupai kuas air.
Free Transform tool : digunakan untuk mengubah bentuk objek pada stage.

Fill Transform tool : digunakan untuk mengubah posisi pewarnaan gradasi.

Ink Bootle tool : digunakan untuk mengubah stroke color pada suatu objek

Paint Bucket tool : digunakan untuk mengubahwarna objek pada fill color.

Eyedropper tool : digunakan untuk mengambil warna dari objek lain.

Eraser tool : digunakan untuk menghapus stroke color maupun fillcolor pada objek. Terdapat lima jenis pada eraser tool, yaitu :
a. Eraser Normal
b. Eraser Fills
c. Eraser Lines
d. Eraser Selected Fills
e. Eraser Inside
b. View

Hand tool : digunakan ntuk menggeser pandangan pada layar ketika bekerja di stage.

Zoom tool : digunakan untuk memperbesar maupun memperkecil pandangan kerja terhadap suatu objek. Zoom dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Zoom in : untuk memperbesar pandangan kerja terhadap suatu objek.
2. Zoom out : untuk memperkecil pandangan kerja terhadap suatu objek.

c. Colors
Stroke color : menunjukan pilihan warna aktif yang akan muncul pada stroke color dari suatu objek yang dibuat.
Fill color : menunjukan pilihan warna aktif yang akan muncul pada fill color dari suatu objek yang dibuat.
Black and White : digunakan untuk mengubah stroke color dan fill color pada suatu objek secara otomatis menjadi hitam dan putih.
No color : digunakan untuk menghilangkan warana pada stroke color dan fill color.
Swap color : digunakan untuk menukar stroke color dan fill color pada suatu objek terpilih.
Pada color terdapat tiga options yang akan membantu kita untuk melakukan pengaturan terhadap suatu objek gambar yang kita buat:

1. Snap to object : digunakan untuk menghubungkan garis-garis secara otomatis pada object yang saling bertimpa.
2. Smooth : digunakan untuk memodifikasi garis menjadi bentuk lengkung tanpa sudut .
3. Straighten : digunakan untuk memodifikasi garis menjadi lengkung garis tajam tanpa sudut

II. Timeline

Komponen terpenting pada flash 8 pada saat membuat animasi. Pada timeline ini kita dapat mengatir lamnya suatu animasi dijalankan, mengatur kecepatan suatu animasi ketika dijalankan, dan mengatur banyaknya layer yang akan digunakn dalam pembuatan desain animasi.

Berikut adalah gambar tampilan Timeline beserta bagian – bagian yang mempunyai peran penting dalam pembuatan animasi.
Play head : bagian pada timel line berupa garis vertical merah yang berfungsi sebagai petunjuk frame yang sedang ditampilkan.
Layer : bagian pada Timeline yang dapat diibaratkan sebagai lapis demi lapis kertas transparan yang jumlahnya dapat kita tambah atau kurang. Pada dasarnya layer ini akan memudahkan kita untuk mengatur desain animasi yang menggunakan objek dalam jumlah banyak.
Insert layer : tombol yang berfungsi untuk menambah jumlah layer yang akan digunakan
Delete layer : tombol yang berfungsi untuk mengurangi jumlah layer yang akan digunakan.
Insert layer folder : tombol yang berfungsi untuk menambahkan folder pada layer yang berfungsi mengelompokan layer.
Show / hide layer : tombol yang berfungsi untuk memunculkan atau menyembunyikan sementara objek pada timeline.
Lock/unlock all layer : tombol yang berfungsi untuk mengunci objek yang terdapat pada layer.
Show all layer : tombol yang berfungsi untuk menentukan stroke color dan fill color yang akan di tampilkan pada stage.
Frame : bagian timeline yang mempunyai fungsi untuk mengatur susunan waktu di jalankannya suatu animasi.
Key frame : bagian timeline yang mempunyai fungsi untuk sebagai pembatas gerakan ketika suatu animasi di gerakan.
Blank key frame : bagian timeline yang mempunyai fungsi untuk membuat key frame yang kosong.
Onion skin buttons : tombol-tombol yang berfungsi untuk menunjukan between frame animation, yaitu proses penggambaran, pergerakan dan pembentukan animasi dr key frame awal hingga akhir.
Curren frame position : bagian timeline yang mempunyai fungsi sebagai penunjuk posisi frame yang sedang di tampilkan stage.
Frame rate : bagian timeline yang mempunyai fungsi untuk menunjukan besarnya kecepatan pada saat animasi di jalankan.
Elapsed time : bagian timeline yang mempunyai fungsi untuk menunjukan lamanya waktu untuk menjalankan suatu animasi dari posisi awal hingga akhir.
III. Stage

Komponen pada flase yang berbentuk persegi dengan default color berwarna putih. Stage ini adalah tempat kita untuk menggambar dan mengatur posisi dari objek dan teks yang telah kita buat.

IV. Menu

Komponen penunjang pada flase yang terdiri atas file, edit, view, insert, modify, teks, control, window, help. Masing-masing bagian dari komponen menu ini mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda tergantung dari menu yang di tampilkan pada setiap bagian.

V. Panel

Komponen penunjang pada flase yang berisi perintah-perintah yang berguna untuk mengatur dan memodifikasi objek. Animasi dan teks yang di pilih. Panel-panel yang sering di gunakan adalah panel color, panel library, panel option, panel property

Konsep Library, Symbol & Instance.

I. Library
Library adalah sebuah fasilitas berupa panel yang dapat kita umpamakan sebagai sebuah tempat penyimpanan dan pendataan. Yang disimpan ke dalam libraby adalah symbol yang akan menjadi bahan baku untuk membuat animasi. Symbol yang akan kita buat akan secara otomatis tersimpan didalam library sekaligus nama dan jenis symbol tersebut akan terdata juga didalam library. Berikut ini adalah bagian bagian pada Library :
Library’s name : berfungsi untuk menunjukan nama library yang sedang aktif.
Symbol’s preview : berfungsi untuk menampilkan tampilan symbol yang sedang dipilih.
Sort order : berfungsi untuk mengatur urutan symbol yang terdapat pada library.
Wide dan narrow state : berfungsi untukmemperbesar dan memperkecil
New symbol : berfungsi untuk membuatsymbol dengan nama dan jenis yang baru.
New folder : berfungsi untuk menambahkan folder didalam library uang kemudian megelompokkan symbol – symbol yang sesuai.
Item properties : berfungsi untuk mengatur perubahan nama dan jenis symbol yang dipilih dari dalam panel library.
Delete : berfungsi untuk membuang symbol dari dalam library.
II. Symbol
Symbol adalah sebuah bentuk tetap dari suatu objek tertentu. Symbol ini didapat dari objek – obejk yang dapat berupa objek gambar (bitmap,vektor), teks animasi berupa kumpulan potongan gambar, dan objek objek berjenis lainnya. Symbol yang kita buat otomatis akan masuk kedalam library. Terdapat tiga jenis symbol yaitu :
1. Movie Clip : adalah jenis symbol berupa objek – objek yang memiliki karakteristik sebagaiobjek yang beranimasi.
2. Button : adalah jenis symbol yang berupa objek statis atau beranimasi yang berfungsi sebagai tombol operasional untuk menjalankan perintah – perintah tertentu.
3. Grapich : adalah symbol berupa objek – objek yabg mempunyai karakteristik sebagai objek statis tidak beranimasi.

III. Instance
Apabila sebelumnya dikatakn bahwa symbol itu diibaratkan sebagai induknya objek, maka instance itu kita ibaratkan seperti keturunan dari symbol itu sendiri. Yang membedakan antara symbol dan instance adalah hasil reproduksi symbol yang ditempatkan pada stage.
Menggunakan instance Editor stage
Pada cara kedua ini selain kita dapat melakukan editing berupa memodifikasi karakteristik pewarnaan pada instance, kita juga bias melakukan modifikasi dalam bentuk objek. Terdapat tiga pilihan edit pada instance yaitu :
1. Edit : untuk melakukan editing instance pada instance editor stage pada posisi yang berbeda dengan posisi awal instance distage utama.
2. Edit in Place : untuk melakukan editing instance pada instance editor dengan posisi yang sama dengan posisi awal instance di stage utama.
3. Edit in New Window : untuk melakukan editing instance dengan menggunakan Window yang berbeda.

Konsep animasi dalam flash
Pada dasarnya terdapat dua teknik animasi dalam program flash ini, yaitu animasi frame by frame dan animasi twen.
I. Animasi frame by frame
Teknik ini merupakan cukup kompleks dan rumit. Hal ini dikarenakan animasinya frame by frame, setiap frame pada timeline terisi oleh keyframe-keyframe yang didalamnya terdapat objek-obejk yang berbeda. Sederhananya teknik animasi ini hamper sama sepertiteknik pembuatan film kartun dijaman dulu ketika belum terdapat alat-alat secanggih computer. Dimana untuk menghasilkan sebuah animasi, sang animator harus membuat objek yang berjumlah lebih dari satu gambar objek yangberbeda baik ukuran maupun posisinya. Kekurangan dari teknik ini adalah kita harus membuat objek – objek dengan bentuk dan posisi yang berbeda pada setiap keyframe untuk menghasilkan suatu gerakana animasi yang bagus.
II. Animasi Tween
Teknik ini dapat diakatakan jauh lebih mdah dibandingkan dengan teknik animasi frame by frame. Pada teknik ini kita tidak perlu membuat objek satu persatu pada setiap framenya. Konsep dasar animasi tweening ini adalah kita hanya perlu membuat paling sedikitnya menempatkan objek didua keyframe, yaitu pada pada kayframe awal dan keyframe akhir. Sedangkan objek –objek yang berada diantara keyframe awal dan akhir akan diatur secara otomastis. Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa satiu objek yang animasikan membutuhkan satu layer untuk menempatkan objek yang dianimasikan membutuhkan satu layer untuk menempatkan objek tersebut. Terdapat dua jnis animasi tweening yaitu motion tween dan shape tween.
a. Animation Motion Tween
Seseuai dengan namanyaa yang berarti pergerakan, pada intinya teknik animasi ini berhubungan denga pergerakan suatu objek dari keadaan awal hingga akhir. Oleh karena itu yang bias dianimasikan hanya objek yang telah berbentuk symbol, baik itu movie clip, button dan grapich.
b. Animation Shape Tween
Pada dasarnya animasi ini sama seperti animasi motion tween, hanya saja yang menjadi perbedaan mendasar pada teknik ini adalah terletak apada objek yang digunakan, yaitu objek shape. Selain dari adanya perbedaaan jenis objek, yang jadi perbedaan yang cukup signifikan adalah ukuran file kitika disimpan. Pada animasi shape tween ini memiliki ukuran lebih besar diantara animasi motion tween.

Langkah kerja pembuatan CD Interaktif :
Alat dan bahan
Alat :
• Monitor
• CPU
• Mouse
• Keyboard
• Headset + microphone
• Printer berwarna
Bahan
• CD RW
• Label CD
• Kotak CD
Software
• Microsoft office
• Macromedia Flash 8
• Nero
• Converter Video
• Adobe audition
• Ulead
• Camtasia
• Adobe Photoshop
• Corel Draw
• 3D Max

Langkah pembuatan CD Interaktif
1. Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan CD Interaktif
2. Kumpulkan semua bahan/isi yang akan ditaruh dalam CD interaktif . seperti teks isi,video tutorial contoh animasi 2 dan 3 dimensi dalam satu tempat (CD RW)
3. Pertama adalah Membuat model logo yang akan di taruh dalam CD Interaktif. Logo yang dibuat adalah logo perusahaan sendiri.
4. Berikut cara pembuatan logo:

Pertama- tama klik teks tool pada tool box untuk membuat tulisan logo.
Dan atur property sesuai dengan gambar diatas. Lalu tulislah logo yang anda mau. Disini saya pakai Aero Production

Lalu buat kotak menggunakan Rectangle tool. Dan aturlah property seperti gambar berikut.

Lau buat garis dengan cara pilih line tool pada toolbox. Aturlah property nya seperti gambar dibawah ini.

Setelah selesai mendesain logo, lalu insert symbol menjadi movie clip dengan cara pilih F8 pada keyboard. Lalu muncul kotak seperti dibawah ini plih movie clip dan klik ok.

Setelah itu atur lah posisi dan ukuran logo sesuai dengan yang kita butuhkan.

5. Membuat slide show yang berisikan photo-photo pembuat CD Interaktif ini.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut

Buat layer baru dengan klik insert layer

Masukkan photo – photo yang akan dijadikan slide show dengan cara pilih file-import-import to library

Pilih file yang akan impor lalu klik open. Setelah itu file tersebut masuk ke library.
Drag photo dari library ke stage.

Lalu pilih photo tersebut dan jadikan movie clip.

Lalu masuk ke dalam movie clip tersebut dengan cara klik 2x pada objek. Setelah itu insert to symbol menjadi graphic.

Lalu insert keyframe di frame 20dan 40

Pada frame frame pertama ubah color menjadi alpha 25%

Dan pada frame 40 color alpha menjadi 0%
Lalu klik kanan pada layer frame dan pilih create motion tween

Setelah itu buat layer baru dan pada layer 30 pilih insert keyframe dan drag photo yang kedua dari library.

Lalu pilih align horizontal center dan align vertical center sehingga posisi photo kedua menutupi photo pertama

Lakukan dengan cara yang sama pada photo yang pertama.

Lalu tambahkan photo demi photo yang akan di slide show dan lakukan dengan cara seperti diatas.

6. Setelah itu maka kita akan mulai membuat intro yang akan muncul saat pertama kali cd interaktif dimulai.
Pertama-tama membuat kotak dengan rectangle tool dengan pengaturan seperti dibawah ini.

Lalu kita potong dengan garis hingga menjadi seperti gambar dibawah ini

Lalu keduanya insert to symbol, pilih graphic.

Setelah itu pilih klik kanan pada objek lalu distribute layer

Lalu insert keyframe di frame 20 dan pindahkan objek keluar stage

Dan klik kanan pada frame pilih create motion tween

Lalu akan jadi seperti berikut

Lalu buat layer baru untuk membuat tombol logo, membuat logonya dengan cara pilih oval tool dengan hasil seperti berikut.

Setelah itu insert to movie clip dengan cara pilih F8

Setelah itu masuk ke dalam movie clip dengan cara klik 2x pada objek
pilih insert new layer, Lalu pilih text tool, dan buat huruf A sebagai logo. Dan dengan pengaturan seperti gambar dibawah ini

Lalu pilih insert keyframe di frame dua dan tiga setelah itu di frame dua perbesar huruf A sebesar 110.

Lalu buat layer baru dan insert keyframe di frame 1 sampai 3 dan masing- masing frame di taruh action script stop();

Setelah itu kembali ke scene 1 dan insert keyframe di frame 9 dan di transform seperti gambar dibawah ini

Lalu klik kanana pada frame dan pilih create motion tween

Maka hasilnya seperti gambara dibawah ini.

7. Setelah selesai baru kita akan membuat konten/ isinya.
Cara membuat animasi Button pada halaman Home
Pertama kita membuat kotak dengan rectangle tool

Setelah itu insert to symbol menjadi movie clip

Masuk kedalam movie clip dan buat tulisan Pengenalan Flash dengan layer berbeda.

Buat key frame pada layer pengenalan dan flash di frame 10, dan 20, lalu pada frame 10 tukar posisi antara teks pengenalan dan flash buat key frame di 11 dan create motion frame

Dan buat layer baru untuk menulis action script di frame 1,10,11 dan 20

Kembali lagi kescene pertama lalu buat tombol dengan cara yang sama untuk tutorial dasar dan tutorial menengah. Sehingga seperti pada gambar berikut.

Setelah itu kita mengelink tombol dengan cara :
Buatlah button dengan cara klik rectangle tool dan insert to symbol button

Setelah itu insert key frame di hit dan delete frame di over

Kembali lagi kescene 1 dan beri nama pada instance name di button dengan nama btn_kenal dan pada movie clip dengan nama mc_kenal

Lalu kita buat konten isi dengan rectangle tool dan jadikan movie clip

Masuk kedalam movie clip nya dan buat layer baru dan kita isi dengan semua konten seperti home,profile,gallery,exit,pengenalan flash, tutorial dasar dan tutorial menengah.

Setelah itu balik kescene 1 dan beri nama instance name dengan mc_konten

Buat layer baru untuk menulis action script dan tulis Action script seperti berikut

8. Pertama membuat konten profile, konten profile ini berisi tentang profil pembuat CD Interaktif. Yang isinya adalah biodata dari sang pembuat CD Interaktif.
Contoh : pertama kita membuat sebuah animasi untuk buttonnya dengan menggunakan movie clip. Buatlah kotak, lalu convert to symbol movie clip
9. Kedua membuat konten Gallery, konten ini berisi tentang contoh – contoh animasi 2 dimensi.
10. Ketiga membuat konten exit, konten ini hanya sebagai transisi sebelum keluar dari CD Interaktif.
11. Keempat membuat konten pengenalan flash, konten ini berisi tentang materi dasar Macromedia Flash 8.
12. Kelima membuat konten tutorial, konten ini berisi tentang video tutorial.
13. Setelah semua semua konten selesai dibuat. Maka setting publish ke .exe.
Dengan cara pilih file lalu klik publish setting

Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut

Lalu klik tanda centang pada Windows Projector dan pilih folder akan kita publish.

Klik save lalu pilih publish dan ok.

PENUTUP

Demikian proposal ini saya buat dalam mengerjakan Ujian Kompetensi Multimedia Tahun 2010/2011. apabila ada salah dalam pembuatan CD Interaktif ini mohon dimaafkan.
Adapun kendala-kendala dalam pembuatan CD Interaktif ini adalah kurang memadainya perangkat – perangkat yang digunakan dalam pembuatan CD Interaktif ini, seperti computer yang rusak, software yang tidak lengkap dan fasilitas lainnya yang tidak memadai.
Harapan saya terhadap pihak sekolah adalah melengkapi fasilitas – fasilitas yang kurang memadai dan menjaga fasilitas tersebut dengan baik. Sehingga untuk kedepannya bisa lebih baik lagi dalam hal pengerjaan Ujian Kompetensi tahun depan.
Akhirnya saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu pembuatan CD interaktif ini sehingga bias selesai dengan baik, walaupun masih ada yang tidak sempurna.,

4 Tanggapan to "lap. praktek"

bagus om tulisannya,.salam kenal om, tahu cara membuat soal essay dari flash? jika tahu tlng kirim prosedurnya ya om ke email : jayabintarti@yahoo.co.id krn saya lagi buat tugas akhir ne.. mhn bantuannya..

kang, kelebihan sama kekurangan dari
-motion tween
-motion shape
-motion guide
-color tween
-frame by frame

apa..?
kirim ke email : vikingyuli17@yahoo.com

please…sa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Acara Akan Datang

Tak ada acara mendatang

Kategori

Kategori

Blog Stats

  • 205,801 hits
%d blogger menyukai ini: