Kasmanto's Weblog

Paper Writing Competition (PWC) di FIS UI Jakarta

Posted on: Juli 5, 2011

Paper Writing Competition (PWC)
Juni 19, 2011 Oleh Kas
Kategori Lomba, dibaca 20 kali
Beri Komentar
Paper Writing Competition (PWC) merupakan seleksi awal dari Olimpiade Ilmu Sosial (OIS) VIII. PWC juga menjadi wadah bagi para siswa/-i untuk berlatih menuliskan ide-ide kreatif dan menawarkan solusi atas isu yang diangkat, yaitu ”Peran Pemuda dalam Membangun Solidaritas di Tanah Air”. Peserta dapat memilih salah satu dari tiga perspektif yang diambil yakni :
Perspektif Ekonomi
Perspektif Sosial Budaya
Perspektif Politik
eluruh paper yang masuk kemudian akan diseleksi untuk memilih 29 sekolah yang akan mengikuti putaran final Olimpiade Ilmu Sosial pada tanggal 31 Oktober-5 November 2011, sementara pemenang OIS 2010 tidak perlu mengikuti proses ini. Dalam seleksi awal ini diberlakukan sistem kuota per-daerah sehingga keterwakilan setiap daerah juga diperhatikan di samping kualitas peserta.
Siapa Saja yang dapat Menjadi Peserta?
Peserta adalah siswa/i SMA dan sederajat se-Indonesia
Satu kelompok terdiri dari 3 siswa/i
Peserta dapat didampingi oleh Guru Pembimbing
Satu kelompok hanya dapat mengirimkan 1 makalah dan 1 sekolah dapat mengirimkan lebih dari 1 kelompok (formulir pendaftaran dapat difotokopi).

Cara Mendaftar?
Paper Writing Competition OIS VIII dibuka pada tanggal 1 Juli 2011
Peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran, petunjuk pelaksanaan, dan petunjuk teknis PWC di sini.
Biaya pendafataran sebesar Rp. 50.000,00 (Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk satu kelompok, ditransfer ke Bank CIMB NIAGA cab. Fisip UI Depok, dengan no. Rek. 305-01-000-21007 atas nama Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UI
Bagaimana Ketentuan Penulisannya?
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
1) Kreatif dan Objektif
2) Logis dan Sistematis
3) Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka
4) Materi karya tulis merupakan isu mutakhir atau aktual.
Naskah, mulai dari Pendahuluan sampai dengan Kesimpulan dan Saran, ditulis minimal 10 dan maksimal 15 halaman
Naskah diketik 1,5 spasi dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf “Times New Roman 12pt”, kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi.
Syarat dan ketentuan teknis penulisan dan pengetikan karya tulis secara rinci dapat dilihat pada Petunjuk Teknis PWC OIS VIII yang dapat diunduh di sini
Catat Segera Jadwal dan Syaratnya
Paper Writing Competition OIS 2011 dibuka pada 1 Juli 2011
Pengumpulan makalah dan berkas pendaftaran Olimpiade Ilmu Sosial VIII paling lambat diterima panitia tanggal 1 September 2011 (cap pos), dengan rincian berkas sebagai berikut:
a. Fotokopi Bukti Transfer ke rekening BEM FISIP UI (2 buah),
b. Formulir Pendaftaran,
c. Foto masing-masing peserta dan pembimbing 3×4 (2 buah),
d. Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) untuk masing-masing peserta ( 2 buah) dan kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk guru pembimbing (2 buah),
e. Karya tulis (Rangkap 4 serta WAJIB dicetak bolak balik).
Kirim Kemana?
Berkas dikirim ke Panitia OIS 2011, BEM FISIP UI dengan alamat Gedung Yong Ma Lt.2 FISIP UI, kampus UI Depok 16424. (Pada bagian kiri atas dicantumkan keterangan PWC OIS 2011)
Karya tulis juga dikirimkan dalam bentuk soft copy melalui email ke: pwc.nasional@ois2011.com dengan judul email “OIS2011-NamaSekolah-Provinsi”
Pengumumannya Kapan?
Karya tulis yang lulus seleksi akan diumumkan pada 1 Oktober 2011 di situs OIS VIII (ois2011.com)
Jika Kamu Lulus Seleksi?
SELAMAT! Kelompok yang karyanya dinyatakan lulus dalam seleksi PWC diundang untuk menghadiri kompetisi lanjutan (penyisihan, semifinal dan final) di FISIP Universitas Indonesia, Depok dan berkesempatan untuk bertemu dengan teman-teman se-ASEAN.
Akomodasi dan Transportasi
Biaya akomodasi (tidak termasuk tiket) adalah Rp 2.000.000 (dua juta rupiah). Biaya ini sudah termasuk biaya hotel selama enam hari, makan (sarapan, makan siang, makan malam dan snack) serta transportasi lokal selama acara berlangsung untuk tiga orang. Panitia tidak menanggungbiaya ini. Namun, Panitia memberikan mekanisme bantuan keuangan dari 0% sampai 100% untuk peserta yang akan ditentukan setelah tim yang lulus seleksi diumumkan.
Contact Person:
Kas: 021 4711564
Sumber : FIS UI Jakarta

Acara Lomba
Rangkaian Acara
Sunday, 05 June 2011 08:35 Last Updated on Thursday, 23 June 2011 14:44 Written by Administrator
Rangkaian perlombaan OIS 2011 terdiri dari beberapa tahapan yakni pra-OIS yakni Paper Writing Competition (PWC), dan lomba-lomba bagi finalis yang terpilih untuk maju ke babak final, yakni:

Lomba Analisis Masalah (AM)
Lomba Presentasi Analisis Masalah (PAM)
Circle of Beat (CoB)
Review Film
Semifinal: Cerdas Cermat
Grandfinal: Debat Kritis
Pada setiap mata lomba ini peserta berkesempatan untuk memperoleh medali emas, perak, dan perunggu. Selain acara lomba, panitia juga akan menyediakan acara non-lomba yang bervariasi, antara lain:

Seminar Analisis Masalah
Focus Group Discussion Analisis Masalah
Ajang Unjuk Budaya
Konferensi Pemuda ASEAN
Kunjungan Institusi
Pengabdian Masyarakat
Fund Raising Challenge
Jelajah Kota
Tour de Campus
FISIP Open House
Lomba presentasi karya tulis, talkshow, dan lokakarya penulisan ilmiah bagi guru
Pada mata acara tersebut, peserta akan memperebutkan gelar-gelar seperti Duta Persahabatan, Duta Diplomatik, Duta Sosial, Duta Muda, Best Performance AUB, serta Best Fundraising Team.
Babak Seleksi
Sunday, 05 June 2011 08:39 Last Updated on Thursday, 23 June 2011 15:16 Written by Administrator
Paper Writing Competition (PWC)

Olimpiade Ilmu Sosial VIII dimulai dengan mengadakan lomba paper writing competition sebagai seleksi awal untuk menjaring 29 tim terbaik nasional dan 10 tim terbaik internasional. Dalam perlombaan PWC ini, peserta mengirimkan karya tulis mereka yang bertema “Peran Pemuda dalam Membangun Solidaritas di Tanah Air” atau “The Role of Youth in Building Solidarity in Your Country” dengan waktu pembuatan makalah selama tiga bulan dari bulan 1 Juli hingga 1 September (nasional) dan 15 September (internasional). Setiap SMA dan sederajat berhak mengirimkan sebanyak-banyaknya karya tulis ke panitia namun hanya karya dengan nilai terbaik yang akan diambil sebagai nominasi calon finalis OIS 2011. Pengumuman finalis yang lolos ke proses karantina akan dilakukan pada 1 Oktober 2011. Informasi selengkapnya dapat diperoleh di sini dan di sini.

Babak Final
Sunday, 05 June 2011 08:40 Last Updated on Thursday, 23 June 2011 14:45 Written by Administrator
1. Lomba Analisis Masalah (AM)

Sesuai dengan nama lombanya, dalam perlombaan Analisis Masalah ini peserta akan diminta untuk menganalisis kasus yang sudah disiapkan oleh panitia melalui pemikiran-pemikiran yang kritis dan mendalam serta solutif terhadap permasalahan yang ada yang akan dituangkan dalam esai 1000-1500 kata dalam waktu 150 menit. Pada malam sebelum dilaksanakan AM, peserta akan diberikan bahan-bahan bacaan yang bisa dijadikan referensi mengenai bahasan dalam lomba AM. Tema lomba AM adalah “Menjawab Tantangan serta Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan Social Entrepreneurship di Indonesia” bagi finalis nasional, sementara bagi finalis regional akan menjawab permasalahan “Overcoming Problems in Each Participant’s Country through Trans boundary Social Entrepreneurship (Menjawab Permasalahan di Negara Peserta melalui Kewirausahaan Sosial Lintas Batas“. Lomba AM akan dilaksanakan di hari kedua pelaksanakan OIS 2011.

2. Lomba Presentasi Analisis Masalah (PAM)

Presentasi Analsis Masalah (PAM) adalah tindak lanjut dari perlombaan Analisis Masalah, di mana hasil dari pemikiran peserta yang tertuang dalam esai akan dipresentasikan kepada dewan juri secara lisan. Peserta akan diberi waktu bersih 30 menit untuk presentasi, yang terdiri dari 15 menit sesi presentasi, dan 15 menit untuk tanya jawab dengan dewan juri. Lomba PAM akan dilaksanakan di hari ketiga pelaksanaan OIS 2011. Tujuan PAM adalah menguji kemampuan peserta dalam mempresentasikan permasalahan secara lisan dan terstruktur.

3. Circle of Beat (CoB)

Salah satu cabang lomba khas OIS adalah adanya Circle of Beat (CoB) di mana peserta akan mengerjakan soal-soal isian singkat dalam beberapa pos yang terdiri dari pos logika, matematika, pengetahuan umum yang akan difokuskan kepada pengetahuan ASEAN. Soal dikerjakan secara individu yang pada akhirnya akan diakumulasikan nilai setiap tim yang terdiri dari tiga orang. Ketika peserta mengerjakan soal, panitia akan mencoba mengganggu konsentrasi peserta dengan memutar musik yang sekiranya bisa memalingkan konsentrasi peserta. Tujuannya adalah supaya peserta mempunyai teknik tersendiri dalam mengerjakan lomba sekalipun dengan gangguan apapun. Lomba CoB akan dilaksanakan pada hari kedua rangkaian OIS 2011.

4. Review Film

Dalam lomba Review Film, peserta akan diputarkan sebuah film yang menyiratkan materi tentang tema umum serta tujuan OIS 2011. Peserta akan mengerjakan reviewnya di hari ketiga pelaksanaan OIS secara individu dan kemudian nilai individu akan diakumulasikan secara tim. Review akan ditulis dalam bahasa Inggris di mana konten yang berisi adalah ringkasan cerita film serta pandangan peserta terhadap permasalahan yang ada dalam film tersebut yang akan dikerjakan selama 90 menit dan dilaksanakan di hari kedua. Film yang akan diputarkan berjudul Africa United yang dirilis di tahun 2010. Tujuan dari Review Film ini adalah supaya peserta peka terkait dinamika sosial yang berkembang serta cepat dalam menanggapi dinamika itu melalui pemikiran yang kritis.

5. Semifinal dan Grand Final

Akumulasi nilai perlombaan AM, PAM, CoB, dan Review Film akan menentukan 6 besar semifinalis nasional dan 4 besar semifinalis regional. Dalam perlombaan semifinal ini, lomba yang akan diusung untuk menyeleksi ke babak grand final adalah cerdas cermat dengan tiga babak: wajib, lempar, dan rebutan. Dua tim dengan poin tertinggi baik tingkat nasional maupun regional akan menjadi grandfinalis dalam OIS 2011. Babak grandfinal baik nasional dan regional akan mempertandingkan kedua tim dalam arena debat yang akan dilaksanakan di hari kelima serta ditonton oleh seluruh peserta dan guru pendamping serta panitia dan terbuka bagi mahasiswa FISIP UI.

6. Lomba Presentasi Karya Tulis (Guru)

Lomba Presentasi karya Tulis untuk guru-guru pendamping peserta OIS 2011 adalah terobosan baru yang diusung di OIS 2011 agar partisipasi guru pendamping ketika mendampingi putera-puteri terbaik mereka tidak hanya sekedar menemani tetapi juga mempunyai nilai kompetisi selain itu terdapat permintaan yang tinggi dari pelaksanaan OIS 2010 bahwa guru juga perlu diberi sarana berlomba, yakni dengan kompetisi presentasi karya tulis guru. Presentasi karya tulis guru akan dilaksanakan di hari ketiga pelaksanaan, di mana masing-masing guru akan diberikan kesempatan mempresentasikan karyanya dalam 30 menit di hadapan dewan juri. Karya tulis yang dipresentasikan adalah orisinil dan belum pernah dipublikasikan dan atau diperlombakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Juli 2011
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Acara Akan Datang

Tak ada acara mendatang

Kategori

Kategori

Blog Stats

  • 208,770 hits
%d blogger menyukai ini: