Kasmanto's Weblog

Untung rugi pakai linux

Posted on: April 1, 2009

Di sini saya dengan sengaja ambil dari windows7news.com. untuk para pengikut setia windows, tapi dengan tujuan hanya untuk mereview bahwa menurut saya Windows 7 tampilannya masih seperti KDE Linux aja kok. Mending pake yang OpenSource aja ngapain mesti BELI dari Microsoft, lha wong yang opensource aja LEBIH MEMILIKI POWER daripada Windows 7.

Aplikasi di Linux yang sudah bisa menggantikan di Windows
Desember 27, 2008 – 2:28 pm
Ditulis dalam Training Kompetensi Guru
Komentar (0)
Beberapa aplikasi yang sering saya gunakan ketika bekerja di lingkungan system operasi Linux antara lain:
1. Aplikasi Perkantoran (office suite)
OpenOffice : pengganti microsoft office

2. Internet
Mozilla Firefox : browser pengganti internet explorer
Xchat : chatting irc client pengganti mirc
Pidgin: instant messenger pengganti yahoo-messenger
Filezilla: FTP Client pengganti cute-ftp atau ws-ftp
Aria: Download manager pengganti IDM (internet download manager)

3. Design Grafik, Animasi dan Desktop Publishing
Gimp: pengganti adobe Photo-Shop
Inkscape: pengganti corell draw
Scribus: pengganti adobe page maker
Qflash: pengganti macromedia flash
Blender: pengganti 3D-Max

4. Web Design
NVU : pengganti macromedia dream weaver dan front page
Lifrea : RSS feed reader
Screem : HTML Editor
GPHPEdit – PHP Editor
Joomla: cms portal yg top banget
WordPress.org: cms buat blog yg mantabbb

5. Multimedia Editor
Kino: Flick editor ( Seperti Adobe Premier di windows )
Audacity: Sound editor
Avidemux : Avi (divx /xvid) editor
Istanbul : Live screen capture (used to capture current screencast)

6. Multimedia Player
mplayer: pemutar film
XMMS: pemutar mp3 pengganti winamp
EasyTag – MP3 Tag Editor

7. CD/DVD Burner / Backup
Brasero: pengganti Nero Burner yg under Gnome
K3B: pengganti Nero Burner yg under KDE

8 Emulator / Virtual PC
QEMU & Kqemu Accelerator – Emulation ( Seperti VMWare di windows )

Mari kita mulai mencintai open source
Desember 27, 2008 – 2:22 pm
Ditulis dalam Ilmu Komputer, Software
Komentar (0)

Siapa bilang Linux itu sulit?
Versi 2007 saja tampilan linux sudah diatas vista dengan 3D-Desktopnya yang menawan, OpenOffice di linux sudah setara dengan Microsoft Office 2007, Sistemnya Aman, Bebas dari virus, paling up-to-date, gratis, legal, boleh kita copy sebanyak mungkin dan boleh juga kita kembangkan sendiri hingga sedemikian rupa sesuai dengan kreatifitas kita masing-masing.

Linux itu peka jaman:
Linux itu memiliki feature dan falitas melebihi sistem operasi komersial (Microsoft Windows), Sangat mudah untuk digunakan oleh siapapun karena Linux itu sangat user friendly.
dalam kurun waktu ke depan 1-2 tahun ini pengguna/user Windows akan tersedot ke lingkungan Linux. Dalam tahun 2008 dengan terpaksa para pengguna yg tergantung pada Microsoft mau tak mau, suka atau benci harus beralih dan pindah ke Linux karena Pemerintah Indonesia dalam tahun 2008 mencanangkan IGOS (Indonesia Go Open Source) dimana seluruh pengguna komputer indonesia yang bergantung pada MS-Windows baik sektor pemerintahan, pendidikan, perusahaan negara maupun swasta beralih/migrasi ke Linux.

Prospek Penggunaan OS Linux vs Windows:
Windows vs Linux dibangun dengan tujuan dan fungsi yang sama yaitu sebagai kernel sistem operasi. Bedanya terletak pada lisensi dan latar belakang yang sangat mendasar. dimana, Linux yang Gratis dan bebas Lisensi (GPL) sedangkan Windows yang lisensi berbayar atau komersil akan membuat orang berbondong-bondong untuk memilih Linux terutama pebisnis perusahaan agar keuntungannya tidak habis hanya karena harus membeli sistem operasi Windows.

Tingkatan Linux vs Windows:
Linux mempunyai level lebih tinggi daripada windows terbukti Linux bisa membaca dan menulis di partisi Windows, sedangkan Windows tidak bisa melakukan hal serupa terhadap linux.

Cara instalasi ubuntu 7.10
Desember 27, 2008 – 2:18 pm
Ditulis dalam Ilmu Komputer, Software
Komentar (0)
Berbagai fitur baru hadir dalam distro terbaru turunan Debian ini, diantaranya compiz fusion yang sudah preinstalled, dukungan terhadap dual monitor, dukungan hardware yang lebih banyak (termasuk wireless), penggunaan kernel terbaru (kernel 2.6.22-14), penggunaan dektop manager terbaru (gnome 2.20), fitur pencarian yang lebih baik, kumpulan software yang lebih banyak, OpenOffice 2.3, firefox 2.0.0.8, dll. Ubuntu 7.04 dapat di download disini, atau anda juga bisa memesan cdnya melalui shipit.
Langkah-langkah instalasi ubuntu 7.10 tidak memaakan waktu yang cukup lama, hanya sekitar 15 menit (tergantung spesifikasi komputer), langkahnya:

Setelah anda mendapatkan file iso ubuntu 7.10, bakarlah kedalam cd agar ubuntu 7.10 dapat di booting di komputer.
Setinglah koputer anda agar booting lewat cd
Jalankan live cd ubuntu kamu
Jika live cd sudah berjalan, klik ganda icon install yang ada di Desktop
Kemudian akan muncul jendela
jendela diatas meminta anda untuk memilih bahasa apa yang akan digunakan pa ubuntu. Sekarang ini ubuntu sudah mendukung format bahasa Indonesia.
tekan forward setelah anda memilih bahasa yang akan digunakan. Selanjutnya jendela yang akan muncul adalah jendela pemilihan lokasi
Setelah anda memilih lokasi anda tekan forward dan jendela pemilihan layout keyboard akan muncul.

pilihlah layout keyboard anda (pilihan default adalahUS-English), tekan forward untuk melanjutkan proses instalasi.

Jendela yang selanjutnya muncul adalah partisi hardisk. ada tiga pilihan yang muncul pada jendela ini:
Jika anda ingin tetap mempertahankan sistem operasi anda yang sekarang pilihlah opsi : “Guided – resize the partition and use the freed space”
Jika anda ingin menghapus sistem operasi anda yang sekaran, pilihlah opsi: “Guided – use entire disk”
Opsi yang ketiga adalah manual (saya menyarankan untuk tidak menggunakan opsi ini jika anda masih belum paham terhadap partisi di linux).
Setelah anda menekan tombol forwar, anda diharuskan mengisi isian yang disediakan. isian yang harus anda isi adalah nama, nama untuk login, dan password. Setelah semua isian terisi tekan tombol forward.
Jika anda telah berhasil sampai tahapan diatas maka akan muncul jendela berikut
tekan tombol install untuk memulai instalasi.
Jendela yang akan muncul selama proses instalasi adalah
Setelah anda selesai menginstall ubuntu di kompute, anda akan diminta untuk merestart komputer anda atau tetap menggunakan live cd
Setelah anda mencoba menginstal ubuntu anda tidak akan lagi merasa bahwa menginstall linux itu sulit, bahkan saat ini menginstall linux lebih mudah dari pada menginstall Windows.

Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini
September 12, 2008 – 3:23 am
Ditulis dalam Tugas Siswa
Komentar (0)
Anak-anak dilahirkan dengan kecerdasan spiritual yang tinggi, tetapi perlakuan orangtua dan lingkungan yang menyebabkan mereka kehilangan potensi spiritual tersebut. Padahal pengembangan kecerdasan spiritual sejak dini akan memberi dasar bagi terbentuknya kecerdasan intelektual dan emosional pada usia selanjutnya.

Krisis akhlak yang menimpa Indonesia berawal dari lemahnya penanaman nilai terhadap anak pada usia dini. Pembentukan akhlak terkait erat dengan kecerdasan emosi, sementara itu kecerdasan itu tidak akan berarti tanpa ditopang oleh kecerdasan spiritual. Prasekolah atau usia balita adalah awal yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai kepada anak.

Namun, yang terjadi sebaliknya. Anak lebih banyak dipaksa untuk mengekplorasi bentuk kecerdasan yang lain, khususnya kecerdasan intelektual, sehingga anak sejak awal sudah ditekankan untuk selalu bersaing untuk menjadi yang terbaik, sehingga menyebakan tercerabutnya kepekaan anak.

Sementara itu lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat kurang memberikan dukungan terhadap penumbuhan kecerdasan spiritual pada anak. Di lingkungan keluarga anak lebih banyak berinteraksi dengan sesuatu yang justru menyebabkan semakin jauhnya kepekaan anak, bahkan yang lebih parah lagi apabila proses dehumanisasi itu terjadi justru di tengah lingkungan keluarga. Keluarga sebagai tempat pendidikan yang utama malahan kering dari aspek pedagogis.

Kecerdasan Spiritual yang sebelumnya dikenalkan oleh Donah Zohar dan Ian Marshal pada awal tahun 2000 sebenarnya kecerdasan spiritual sudah dikenal sejak peradaban Islam ada di muka bumi ini.

Baca Lebih Lanjut »

Klasifikasi Perangkat Lunak (Software)
September 10, 2008 – 4:53 am
Ditulis dalam Training Kompetensi Guru
Komentar (3)
Software merupakan produk dari perusahaan pembuat software yang banyak bermunculan sehubungan dengan kebutuhan berbagai masalah pekerjaan yang membutuhkan waktu singkat oleh pemakai komputer saat ini.

Ada 4 kelompok besar software:

Operating System (Sistem Operasi)

Operating system merupakan program yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja seluruh komputer seperti layaknya penerjemah antara hardware dan software yang akan dilakukannya.

Contoh :
– PC-DOS atau MS-DOS untuk Personal Computer (PC)
– Novell Netware dan UNIX untuk jaringan komputer
– Windows dan berbagai variannya untuk PC atau jaringan
– Linux dengan berbagai distronya untuk PC atau jaringan

Utility Software (Program Bantu)

Software ini merupakan software jadi yang digunakan untuk membantu mempermudah dalam menangani pekerjaan awal dalam pengoperasian komputer beserta perangkatnya. Misalnya untuk

Baca Lebih Lanjut »

Agloco, mengapa tidak..?
Nopember 22, 2007 – 3:14 am
Ditulis dalam Blogroll, Software
Komentar (4)
Salam jumpa temanku semua, apa kabar? Saya harap Anda dalam kondisi sehat wal afiat.

Saat ini saya sudah bergabung dengan AGLOCO yang direkomendasikan oleh rekan saya. Kini saya mempromosikannya sebab saya suka dengan ide baru dan saya ingin berbagi dalam mana saya pikir akan menjadi konsep baru berinternet.

Saya Ingin berbagi informasi bagaimana Cara Mendapatkan Uang dengan cara yang sangat mudah dan ringan. Tapi HASIL YANG PASTI, DENGAN JUMLAH YANG SANGAT “DAHSYATTT !!!”

Di luar bisnis utama saya yaitu menjadi penjual kertas kerja keliling (dengan segmen Pejabat PNS di 13 propinsi), saat ini saya menekuni bisnis online.
Saya sudah mengikuti program ini selama 6 bulan lebih dan penghasilan saya bulan Nopember ini masih US$300 (bila dalam Rupiah sekitar Rp 2.750.000,-). ini baru penghasilan pertama saya dan uang dalam bentuk cek tersebut sudah saya cairkan dalam bentuk mata uang Rupiah. Saya tinggal menunggu penghasilan berikutnya serambi saya melakukan surfing/internetan.

SAYA SUDAH MEMBUKTIKANNYA!!!! BAGAIMANA DENGAN ANDA????
Cobalah, Toh Tidak Ada Ruginya!!

AGLOCO TM namanya, launching pada 21 november 2006 lalu, tapi respon yang didapat seluruh dunia sungguh luar biasa dan di Indonesia belum banyak yang tahu. Jadi peluang kita masih benar-benar terbuka selebar-lebarnya. Referensikan situs ini kepada teman, kolega, sahabat, atau siapapun yang tidak Anda kenal sekalipun di website Anda, blog, iklan baris, forum, milis, Instant Messenger, chatting, dll.
Kenapa saya bagi ilmu saya ini? karena orang luar negri menganggap kita orang indonesia minim soal internet. Jadi merupakan kebanggaan kalau orang indonesia banyak juga ikut survey ini. “jangan lupakan saya kalau anda berhasil, ok…

Disini, modal awal kita untuk mengikutinya adalah Rp.0,- (nol rupiah) (SERIUS, TIDAK SEPERTI PROGRAM LAIN) Anda tidak harus melakukan promosi.
Yang perlu anda lakukan hanyalah, berada didepan komputer, terhubung ke internet, hanya sekitar 1 jam internetan untuk syarat awal dan itupun tidak harus saat itu juga. setelah itu anda tidak diwajibkan lagi dan uang dollar akan membanjiri rekening anda/ atau nantinya akan dikirim lewat pos berupa cek ke alamat Anda.

BERIKUT INI CARA-CARA YANG HARUS ANDA IKUTI DENGAN SEKSAMA :
1. Pertama, kunjungi pada http://www.agloco.com/r/BBDS4178
Copy alamat URL diatas dan Paste pada browser internet anda (IE,
Mozilla Firefox,Opera dll) kemudian klick JOIN
2. Anda akan tertuju ke halaman daftar pada web site agloco
3. Isi form tersebut sesuai dengan data anda :

NOTE : Usahakan, data yang diisi sesuai dengan di KTP anda, karena nanti berkaitan dengan pengiriman cek dan pencairan cek.

First nama : Nama depan anda
Middle initial : Nama tengah anda, jika tidak ada tidak usah di isi
Last name : Isi dengan nama belakang anda
Email : Isi dengan email anda yang benar
Confirm email : Isi dengan alamat email anda yang sama diatas
Date of birth : Isi dengan tanggal lahir anda, dengan format : bulan/tanggal/tahun contoh 10/13/1981
City : Nama Kota anda
State : Isi dengan propinsi anda tinggal
Zip/post code : Isi saja dengan kode pos anda.
Country : Negara anda.

jika Referral Member ID anda belum terisi, isi dengan kode Berikut: BBDS4178
Enter the code shown : masukan kode sesuai di gambar
Centang pada kotak kecil dan klick join now

Setelah selesai, buka email anda (jika anda menggunakan yahoo.com, Gmail.com, dll, kemudian aktifkan klick url yg paling atas, disini anda sudah bergabung dengan agloco, jika tidak ada di menu INBOX coba buka di menu BULK).
5. Anda akan mendapat password dari Agloco, login lah dengan email anda dan password tersebut, dan berarti anda telah memferivikasi data anda, selesai.
6. Saatnya bangun jaringan anda yang kuat, agar dollar membanjiri cek anda lebih besar.
7. Instal viewbar Aglojo, masukkan account dan password anda. kemudian biarkan saja viewbar nya aktif.

Bagaimana cara kerjanya? setelah menjadi anggota, Anda dapat mendonwload GRATIS software Viewbar TM (viewbar.win32.1.03.exe), (atau biasa saya sertakan didalam folder ini) sebuah aplikasi yang dapat diubah-ubah ukurannya secara bebas (setengah dari ukuran Windows toolbar biasanya) yang berada pada desktop Anda yang tidak akan pernah menghambat aktivitas online Anda.

Itulah yang harus Anda lakukan! Teruskan saja menggunakan Internet seperti biasanya…tidak akan merubah sistem komputer Anda .

Tidak satu pun! Jika Tidak ingin lagi melihat atau menggunakan Viewbar TM pada suatu waktu? Minimize (kecilkan) saja dan

Viewbar TM berhenti bekerja!

Selamat mencoba, Semoga keberuntungan selalu menyertai anda. Salam

PETUNJUK PEMAKAIAN VIEWBAR :
– silahkan instal viewbar.win32.1.03 ,
– kemudian masukan account anda yang ada di email anda tadi,
– masukkan password anda, dan surfing/internetan seperti biasanya,
– biarkan software viewbar.win32.1.03 menyala dan aktif trus selama surfing…
– bawalah source software Viewbar tersebut ke manapun, agar bisa diinstal di warnet lain
Mudah Sekali Bukan!! semoga berhasil.

Iklan

3 Tanggapan to "Untung rugi pakai linux"

Artikel yang menarik dibahas, saya sangat sependapat apa yang telah bapak kemukakan mengenai penggunaan sistem operasi Linux semoga saja ditahun – tahun yang akan datang orang akan berbondong-bondong ingin mendapatkan LINUX dibandingkan dengan windows, sudah barang tentu Linux lebih bertenaga kalau dibandingkan dengan windows karena sistem tersebut menggunakan Open Source sehingga hasil yang didapat justru lebih maksimal dibandingkan windows karena lebih banyak orang yang terlibat didalamnya… semoga bila nantinya Linux menguasai pasaran windows itu akan membawa dampak positif karena akan ikut mencerdaskan bangsa. Yang pasti sich kalau LINUX sudah laris jangan sampai tadinya Freeware malah jadi Shareware wach itu yang bikin repot…..

Terima kasih ram syamsul yulias, saya sangat setuju dengan pemikiran anda, semoga pendapat anda juga pendapat masyarakat pada umumnya, trim’s atas attensinya, semoga bermanfaat bagi seluruh umat amiin

artikelnya sngat menarit,,, mohon kalo bisa bkin artikel tentang linux berupa tampilan linuk, supaya menarik harus di apkan,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Acara Akan Datang

Tak ada acara mendatang

Kategori

Kategori

Blog Stats

  • 219,188 hits
%d blogger menyukai ini: