Kasmanto's Weblog

rapbs

LEMBAR PENGESAHAN

Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Jakarta tahun pelajaran 2008-2009 telah diklarifikasi dan diverifikasi oleh Komite Sekolah dan telah disosialisasikan kepada Orang Tua/Wali Murid dan selanjutnya disahkan oleh Ketua Komite Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Jakarta untuk menjadi Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (APBS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Jakarta tahun pelajaran 2008-2009.

Ditetapkan di : Jakarta
Pada tanggal :

Ketua Komite SMK Negeri 7 Jakarta

M. Ja’far, SE.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS) tahun 2008-2009 ini memberikan arah program yang sesuai dengan tujuan dan tugas pokok sekolah dengan menggunakan sumber dana dan daya yang tersedia.

Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS) ini disusun, kami berharap dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Jakarta, Agustus 2008
Kepala SMK Negeri 7 Jakarta

Drs. Anas Rosich
NIP-NRK. 132139167-133406

DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan Ketua Komite
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rencana Strategi Sekolah
C. Perencanaan Jangka Menengah

BAB II EVALUASI PROGRAM KERJA DAN APBS

BAB III PROFIL SEKOLAH
A. Peserta Didik
B. Data Guru
C. Data Pegawai
D. Data Sarana Prasarana

BAB IV RENCANA KERJA SEKOLAH (RKTS)
A. Program Kerja Rutin
B. Program Kerja Pengembangan

BAB V RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH
A. Neraca Pennerimaan dan Pengeluaran
B. Rencana Anggaran Pendapatan dan Pembelanjaan
C. Rincian Belanja Sekolah

BAB VI JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

BAB VII PENUTUP

Lampiran
Rincian Anggaran Biaya

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kebijakan diterapkannya Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan kepada Sekolah dalam memberdayakan sumber daya dan dana pendidikan secara optimal, baik internal maupun eksternal, guna mewujudkan tujuan pendidikan di SMK Negeri 7 Jakarta.

Keberhasilan Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) sangat dipengaruhi oleh kebijakan manajer sekolah yakni Kepala Sekolah dan dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah, Asisten Kepala Sekolah, Ketua Program, Kasubag Tata Usaha dan unsur lainnya dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen secara tepat.

Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS) adalah salah satu fungsi manajemen sekolah yang dapat memberikan arah dalam pencapaian tujuan sekolah dengan menggunakan dana yang dapat memberikan arah dalam pencapaian tujuan sekolah dengan menggunakan dana yang tersedia secara efektif dan efisien.

Penerapan Sekolah sebagai mitra sekolah yang mempunyai peran strategis guna menjembatani aspirasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pemikiran dan tindakan yang konstruktif, memajukan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi.

Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) disusun secara bersama-sama dengan mengutakan kebutuhan yang strategis dalam pencapaian tugas sekolah.

B. Rencana Strategi Sekolah (RENSTRA)

1. Visi SMK Negeri 7 Jakarta
Terciptanya Sumber Daya ahli madya Grafika dan Multimedia yang profesional, serta memiliki etos kerja, mandiri, berbudaya, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Misi SMK Negeri 7 Jakarta
2.1. Peningkatan kualitas Sumber Daya kependidikan secara optimal
2.2. Penciptaan rasa tanggung jawab, memiliki dan loyalitas tinggi terhadap sekolah
2.3. Penciptaan suasana lingkungan yang sejuk dan kondusif serta didukung oleh semua warga sekolah
2.4. Peningkatan hubungan kerja sama sekolah dengan Dunia Usaha/ Industri untuk tercapainya kualitas kompetensi tamatan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja
2.5. Peningkatan daya saing yang kompetitip dalam menghasilkan produk Grafika dan Multi Media.

3. Tujuan SMK Negeri 7 Jakarta
Bertujuan untuk membekali keimanan dan ketaqwaan peserta didik pada bidang keahlian teknik grafika berdasarkan potensi serta bakat dan minat yang dimilikinya
3.1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.
3.2. Mendidik dan menyiapkan peserta didik agar mampu memilih kareir ulet, dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap propesional dalam bidang yang diminatinya.
3.3. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam Bidang Keahlian teknik Grafika
3.4. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan
3.5. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat , memiliki wawasan pengetahuan dan seni
3.6. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang disesuaikan dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi tentang komputerisasi

4. Penetapan Sasaran
4.1. Terwujudnya organisasi sekolah yang demokratis, transparan dan akuntabel
4.2. Terwujudnya Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS)
4.3. Terpenuhinya sarana dan prasarana sesuai kebutuhan
4.4. Terbinanya koordinasi dan konsolidasi yang sinergi, transparan dan berkesinambungan, terpadu dan profesional
4.5. Terlaksananya upaya peningkatan kesejahteraan personil
4.6. Terbinanya kegiatan ekstra kurikuler
4.7. Terselenggaranya mutu pendidikan
4.8. Terlaksananya kurikulum KTSP
4.9. Tersusunnya sinkronisasi dan validasi kurikulum

C. Perencanaan Jangka Menengah

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

1. Kurikulum/PBM
 Terwujudnya kurikulum SMK yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi di DU/DI dan paket pemelajaran yang berbasis kompetensi (CBT)

 Meningkatkan rencana/ program pemelajaran

 Mengembangkan kurikulum SMK berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan DU/DI

 Mengembangkan dan menyusun bahan ajar yang berbasis kompetensi (CBT)

 Menyusun rencana/program pemelajaran semester dan tahunan

 Pengembangan kurikulum SMK berbasis kompetensi

 Pengembangan dan menyusun bahan ajar yang berbasis kompetensi (CBT)

 Penyusunan pemelajaran semester dan tahunan

 Sosialisasi Standar Kompetensi Nasional per Program Keahlian
 Sosialisasi kurikulum SMK KTSP
 Sinkronisasi, validasi SKNI dengan kurikulum KTSP sesuai dengan program keahlian
 Pemetaan kompetensi sesuai dengan program keahlian DU/DI
 Sinkronisasi SKNI-Kurikulum KTSP dengan kebutuhan DU/DI
 Pemetaan kompetensi (termasuk sub kompeten) sesuai dengan program keahlian

 Sosialisasi bahan ajar yang berbasis kompetensi (CBT)
 Pemetaan bahan ajar berdasarkan peta kompetensi sesuai dengan program keahlian
 Menyediakan buku sumber/referensi
 Penyusunan bahan ajar sesuai dengan program keahlian

 Menyusun jadwal pelajaran per program keahlian
 Menyusun jadwal pelajaran untuk kelas kewirausahaan

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

 Meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam proses pemelajaran

 Meningkatkan kualitas pemelajaran yang berbasis kompetensi (CBT)

 Mendorong penerapan multi metode dan multi media dalam proses pemelajaran

 Mendorong kreativitas dan inovasi dalam proses pemelajaran berbasisi kompetensi

 Mengembangkan kualitas pemelajaran teori dan praktek baik di sekolah maupun di industri

 Mengembangkan sistem evaluasi pemelajaran berbasis kompetensi (CBT)

 Melaksanakan evaluasi pemelajaran baik teori maupun pemelajaran praktik di sekolah maupun di industri

 Mendokumentasikan berkas-berkas dan hasil evaluasi pemelajaran termasuk sertivikasi

 Pengembangan/penyusunan rencana program pemelajaran yang berbasis kompetensi (CBT)

 Peningkatan pengembangan kreativitas dan inovasi dalam proses pemelajaran

 Peningkatan kualitas pemelajaran

 Pengembangan sistem evaluasi pemelajaran

 Pengembangan/penyusunan rencana program pemelajaran berbasis kompetensi

 Peningkatan pengembangan kreativitas dan inovasi dalam proses pemelajaran

 Menyusun program pemelajaran per program keahlian

 Membangun budaya kreatif dan inovatif dalam proses pemelajaran

 Analisis kebutuhan pelanggan terhadap program diklat

 Mengembangkan sistem evaluasi pemelajaran berbasis kompetensi

 Menyiapkan evaluasi pemelajaran
 Melaksanakan evaluasi pemelejaran di institusi
 Melaksanakan evaluasi pemelajaran praktik kerja industri
 Melaksanakan uji kompetensi siswa
 Melaksanakan uji sertifikasi

 Mendokumentasikan instrumen (naskah) evaluasi pemelajaran
 Mendokumentasikan hasil-hasil evaluasi pemelajaran
 Mendokumentasikan hasil-hasil uji kompetensi

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

2. Organisasi dan Manajemen
 Adanya struktur organisasi SMK yang sesuai dengan kebutuhan

 Terwujudnya rencana strategis, rencana operasional lima tahunan dan tahunan

 Tersusunnya indokator keberhasilan pelaksanaan rencana/program

 Terlaksananya rencana operasional lima tahunan, tahunan dan program kerja per unit kerja

 Adanya informasi yang selalu up to date

 Mengembangkan struktur organisasi lengkap dengan mekanisme kerja dan deskripsi tugas

 Menyusun/menyempurnakan rencana strategi, rencana operasional lima tahunan (RIPS/Rencana Induk Pengembangan Sekolah) dan rencana operasional tahunan serta program kerja untuk setiap unit kerja

 Menyusun indikator keberhasilan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana/program

 Melaksanakan rencana operasional (lima tahunan dan tahunan) serta program kerja per unit kerja

 Mengembangkan SIM dan multi media serta internet dengan melengkapi fasilitas yang sesuai berdasarkan kebutuhan

 Pengembangan struktur organisasi lengkap dengan mekanisme kerja dan deskripsi tugas

 Penyempurnaan rencana strategis
 Penyempurnaan rencana operasional lima tahunan RIPS
 Penyusunan rencana tahunan /program kerja sekolah
 Penyusunan program kerja untuk setiap unit kerja

 Pengembangan/penyusunan indikator keberhasilan

 Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana/program

 Pengembangan SIM dan multimedia serta internet

 Penyusunan struktur organisasi sesuai dengan mekanisme kerja dan deskripsi tugas

 Menyempurnakan/memperbaiki RIPS menjadi rencana strategis
 Menyempurnakan rencana operasional lima tahunan RIPS
 Menyusun rencana operasional tahunan
 Menyusun program kerja setiap unit kerja

 Menyusun indikator keberhasilan kegiatan

 Menyiapkan pelaksanaan kegiatan berdasarkan rencana/program
 Melaksanakan kegiatan sesuai rencana/ program
 Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan

 Menganalisa kebutuhan fasilitas SMI, multimedia dan internet
 Melengkapi fasilitas SIM, multimedia dan internet

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

 Terwujudnya manajemen sekolah yang handal dan teruji

 Terwujudnya tertib dokumen dan arsip sekolah

 Tersusunya laporan akuntabilitas kinerja SMK

 Mengembangan dan memberdayakan SIM, multimedia dan internet serta lab. bahasa untuk pengambilan keputusan

 Mengembangkan sistem pelaksanaan dokumentasi dan kearsipan

 Menyusun dan mendistribusikan laporan akuntabilitas kerja

 Pemberdayaan SIM dan multimedia serta internet

 Pengembangan sistem pelaksanaan dokumentasi dan kearsipan

 Pelaporan akuntabilitas kerja

 Membentuk dan menugaskan tim penanggungjawab unit SIM, multimedia dan internat
 Memanfaatkan SIM, multimedia & internet

 Mengembangkan sistem pelaksanaan dokumentasi dan kearsipan dan arsip elektronik
 Mendokumentasikan dan mengarsipkan kegiatan sekolah

 Membentuk tim pelaporan
 Mengumpulkan bahan-bahan/dokumen yang diperlukan untuk menyusun laporan akuntabilitas
 Menyusun laporan akuntablitas kerja
 Mendistribusikan laporan

3. Sarana/prasarana
 Tersedianya fasilitas pendidikan dan pelatihan (perabot, mebelair, peralatan praktik, buku perpustakaan dll) yang memadai dan up to date

 Memenuhi kebutuhan fasilitas pendidikan dan pelatihan (perabot, mebelair, peralatan praktik, buku perpustakaan dll)

 Pemenuhan kebutuhan fasilitas ruang praktik dan pelatihan (perabot, mebelair, peralatan praktik, buku perpustakaan dll)

 Inventarisasi fasilitas pendidikan dan pelatihan

 Mengadakan kebutuhan ruang praktik dan pelatihan (perabot, mebelair, peralatan praktik, buku perpustakaan dll)

 Melakukan inventarisasi seluruh fasilitas pendidikan dan pelatihan
 Mendistribusikan barang onventaris sesuai dengan peruntukkannya
 Membuat daftar inventaris fasilitas per ruang

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

 Termanfaatkannya secara optimal fasilitas pendidikan dan pelatihan

 Terawat dan terpeliharanya fasilitas pendidikan dan pelatihan

 Terwujudnya perluasan area sekolah

 Terlaksananya pemberdayaan unit produksi

 Optimalisasi penggunaan fasilitas pendidikan dan pelatihan

 Melakukan perawatan dan pemeliharaan fasilitas pendidikan dan pelatihan

 Melakukan langkah-langkah pembebasan tanah di belakang, samping sekolah dengan pihak Pemkab dan pemilik tanah

 Mengembangkan unit produksi sekolah untuk menambah biaya operasional dan meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidikan

 Pemanfaatan fasilitas pendidikan dan pelatihan

 Perawatan dan pemeliharaan fasilitas pendidikan dan pelatihan

 Pemenuhan perluasan tanah dibelakang, samping sekolah

 Pengembangan unit produksi sekolah
 Menghitung use factor peralatan
 Membuat kartu penggunaan peralatan praktik pendidikan dan pelatihan

 Melakukan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas gedung
 Melakukan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas penerangan
 Melakukan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas komunikasi

 Mengadakan pendekatan dengan Pemkab untuk pembebasan tanah belakang, samping sekolah

 Menata organisasi unit produksi
 Membuka kafetaria/kantin sekolah
 Membuka kursus-kursus
 Rental dan pelayanan jasa

4. Ketenagaan
 Bertambahnya guru Matematika, Bahasa Inggris dan bahasa lainnya

 Mengupayakan pengadaan guru melalui Dikmenti DKI Jakarta

 Mengupayakan mendatangkan guru luar (guru tamu)

 Pemenuhan tenaga guru dan non guru

 Merekrut guru tamu dari DU/DI dAn instansi terkait
 Mengupayakan tenaga guru dan non guru
 Mengusulkan tambahan guru matematika, fasilitas B. Inggris & bahasa asing lainnya

 Melaksanakan pelatihan/kursus komputer dan bahasa Inggris

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

 Mengingkatnya kompetensi tenaga guru dan non guru

 Meningkatnya kompetensi SDM (guru dan non guru) dalam program komunikasi dan informasi

 Meningkatnya profesionalisme SDM (guru dan tenaga pendidikan)

 Mengupayakan pelaksanaan diklat (seminar, kursus, OJT dll)

 Memberikan layanan kepada SDM untuk mewujudkan peningkatan kualitas kemampuan berbahasa dan penguasaan teknologi informasi sesuai dengan programnya

 Memberikan dukungan dan layanan kepada SDM untuk meningkatkan profesionalisme masing-masing

 Peningkatan kualitas dan kuantitas guru

 Peningkatan kuantitas kompetensi

 Peningkatan profesionalisme tenaga guru dan non guru

 Mengusulkan penambahan guru matematika, fasilitas bahasa Inggris dan bahasa lainnya

 Melakukan analisis kebutuhan guru
 Pengklarifikasian tenaga guru dna non guru berdasarkan program keahlian
 Mengadakan (recruitment) tenaga sesuai kebutuhan
 Mengadakan diklat bagi guru dan non guru

 Mengirim dan menyelenggarakan pelatihan guru dengan sertifikasi nasional sesuai dengan program keahliannya

 Memberikan kesempatan kepada semua guru untuk mengikuti kegiatan seminar/ workshop dan sejenisnya
 Memberikan kesempatan kepada guru untuk menjadi nara sumber pada kegiatan dari Dinas Pendidikan dan instansi lainnya

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

 Terlaksananya pemberdayaan tenaga kependidikan

 Ikut sertanya guru dalam pelaksanaan uji sertifikasi

 Memberdayakan seluruh tenaga kependidikan sesuai dengan tugas, fungsi dan keahlian masing-masing

 Mengirim guru untuk mengikuti uji sertifikasi baik tingkat nasional maupun internasional

 Pemberdayaan tenaga kependidikan dalam berbagai aktivitas

 Pemagangan guru dan uji sertifikasi

 Memberdayakan kelompok kerja/tim kerja
 Melakukan pembagian tugas guru sesuai dengan keahlian masing-masing

 Memagangkan guru di DU/DI
 Mengikutkan guru untuk uji seertifikasi yang berstandar nasional dan internasional

5. Pembiayaan
 Meningkatnya sumber-sumber pembiayaan diklat

 Mengupayakan sumber-sumber pembiayaan sekolah

 Menjalin kerja sama dengan instansi lain dalam penggunaan fasilitas dan jasa

 Menyusun proposal kegiatan pengembangan SMK kepada Dikmenti DKI Jakarta

 Peningkatan sumber-sumber pembiayaan sekolah

 Kerjasama dengan instansi terkait dalam penggunaan fasilitas SMK

 Pembuatan proposal

 Melakukan penggalian sumber-sumber pendanaan dari instansi terkait, masyarakat, orang tua/wali siswa
 Mengupayakan penggalian/penggalangan dana melalui kegiatan Unit Produksi

 Membuat MOU dengan instansi terkait
 Mengoptimalkan penggunaan fasilitas dan jasa SMK

 Membuat proposal untuk pengembangan SMK
 Membuat proposal untuk pengembangan program keahlian unggulan

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

 Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan dana

 Efisiensi dan efektivitas pengelolaan dana

 Melaporkan/menginformasikan penggunaan dana secara transparan sesuai dengan peraturan yang berlaku

 Peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan dana

 Pelaporan pemanfaatan dana
 Mengupayakan/mengusulkan tambahan dana pengembangan SMK kepada Dinas Dikmenti DKI Jakarta

 Mengalokasian dana sesuai dengan skala prioritas
 Mengupayakan dana untuk kegiatan praktik

 Menyusun laporan penggunaan dana sesuai dengan peraturan yang berlaku

6. Peserta Didik/Siswa
 Tertatanya sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB)

 Tertibnya dokumen Penerimaan Siswa Baru (PSB)

 Meningkatnya bimbingan belajar dan bimbingan karier

 Pengembangan sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan perangkatnya

 Melakukan penertiban dokumen Penerimaan Siswa Baru (PSB)

 Melaksanakan bimbingan belajar

 Melaksanakan bimbingan karier

 Pengembangan sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB)

 Penertiban dokumen Penerimaan Siswa Baru (PSB)

 Meningkatkan pelaksanaan bimbingan belajar

 Meningkatkan pelaksanaan bimbingan karier

 Menyusun pedoman PSB
 Mengembangkan perangkat seleksi PSB
 Melaksanakan seleksi PSB

 Melaksanakan dokumen PSB
 Menata dokumen PSB

 Melaksanakan bimbingan belajar
 Mendokumentasikan kegiatan bimbingan belajar

 Melaksanakan bimbingan karier
 Mendokumentasikan kegiatan bimbingan karier

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

 Berkembangnya sikap profesionalisme kerja

 Meningkatnya kualitas lulusan

 Melakukan pembinaan siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler

 Mengupayakan terlaksananya tambahan jam belajar/privat
 Pemberian tugas tambahan sesuai dengan program keahlian
 Mengusahakan peningkatan kualitas nilai ujian

 Mengusahakan peningkatan kualitas nilai ujian kompetensi

 Mengembangkan model penelusuran tamatan untuk mengetahui keterserapan dan masa tunggu lulusan

 Meningkatkan sikap profesionalisme siswa

 Meningkatkan kualitas lulusan

 Meningkatkan kualitas uji kompetensi

 Pengembangan model penelusuran tamatan

 Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler seperti PMR, Pramuka, Kesenian, Olah Raga

 Melaksanakan tambahan jam belajar/privat/les
 Memberikan tugas tambahan sesuai dengan program diklat
 Memotivasi siswa untuk mengikuti kursus-kursus bahasa Inggris & Matematika

 Mengupayakan peningkatan kompetensi siswa
 Mengadakan hubungan dengan tim verifikasi uji kompetensi
 Mengadakan studi banding untuk mengetahui model uji kompetensi
 Mengembangkan syarat-syarat penguji uji kompetensi

 Mengembangkan model penelusuran lulusan
 Melaksanakan penelusuran lulusan
 Mendokumentasikan hasil-hasil penelusuran lulusan

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

7. Peranan Masyarakat
 Meningkatnya peran orang tua siswa/wali siswa, komite sekolah dan masyarakat pada umumnya dalam pengembangan dan peningkatan kualitas SMK

 Meningkatkan kuantitas DU/DI dalam pengembangan dan peningkatan mutu SMK

 Meningkatkan pemahaman pola pikir masyarakat tentang SMK

 Mengupayakan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas SMK

 Mengupayakan peningkatan jumlah DU/DI untuk partisipasi dalam penyelenggaraan pemelajaran di industri (prakerin) luar negeri

 Mengadakan sosialisasi (melalui brosur, pamplet dll) tentang program SMK kepada masyarakat

 Mengadakan bazaar, pameran produk dan jasa SMK

 Meningkatkan dukungan masyarakat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas SMK

 Peningkatan hubungan kerja sama dengan DU/DI

 Menyebarkan brosur, pamplet dan lain-lain kepada masyarakat

 Mengadakan hubungan kerja sama dengan masyarakat dan dunia kerja

 Menjalin hubungan kerja sama dengan orang tua/wali siswa, komite sekolah dan masyarakat pada umumnya dan pengembangan dan peningkatan kualitas SMK

 Penjajakan kerja sama dengan DU/DI pada tingkat lokal dan nasional
 Menjalin hubungan kerja sama dengan DU/DI melalui MOU
 Mengupayakan terpenuhinya tempat prakerin siswa di luar negeri
 Mengusahakan adanya guru pembimbing/instruktur di industri

 Membuat brosur
 Mengedarkan brosur
 Mengadakan sosialisasi program SMK

 Melaksanakan bazaar, pameran kerja sama dengan masyarakat DU/DI
 Memasarkan produk SMK kepada masyarakat dan DU/DI dan instansi terkait
 Menawarkan jasa SMK kepada masyarakat dan DU/DI dan instansi terkait

KOMPONEN SASARAN KEBIJAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

8. Lingkungan/ Budaya Sekolah
 Meningkatkan keasrian lingkungan fisik sekolah

 Meningkatnya pelaksanaan K7

 Meningkatnya penerapan konsep PLH dalam pemelajaran

 Meningatnya keterbukaan, kekeluargaan, kebersamaan dan kegembiraan

 Meningkatkan pembinaan IMTAQ bagi tenaga kependidikan dan siswa

 Menata lingkungan sekolah sehingga lebih nyaman dan asri

 Mengupayakan penerapan konsep PLH secara terintegrasi dalam proses pemelajaran

 Mengupayakan penerapan konsep PLH secara terintegrasi dalam pelaksanaan unit produksi

 Mengembangkan suasana keterbukaan, kekeluargaan, kebersamaan dan kegembiraan

 Meningkatkan pembinaan IMTAQ bagi tenaga kependidikan dan siswa

 Penataan dan pemeliharaan lingkungan sekolah (gedung dan infrastruktur)

 Pengintegrasian PLH dalam proses pemelajaran

 Pengintegrasian PLH dalam kegiatan unit produksi

 Pengembangan/peningkatan iklim kerja

 Pembinaan IMTAQ

 Menata dan memelihara bangunan gedung dan infrastruktur

 Mengintegrasikan PLH dalam proses pemelajaran baik teori maupun praktik

 Mengintegrasikan PLH dalam kegiatan unit produksi

 Menyelenggarakan pertemuan rutin (minimal) sebulan sekali
 Menyelenggarakan kunjungan keluarga (sesuai situasi dan kondisi)
 Menyelenggarakan rekreasi bersama

 Menyelenggarakan kegiatan peringatan hari-hari besar agama

BAB II
EVALUASI PROGRAM KERJA DAN APBS
TAHUN PELAJARAN 2007-2008

NO KOMPONEN / SUB KOMPONEN URAIAN KEGIATAN URAIAN KEGIATAN PELAKSANA PEN. JAWAB PENCAPAIAN (%) KENDALA TINDAK LANJUT

1.
Proses Pemelajaran
 Pembagian tugas mengajar guru

 Penyusunan bahan ajar

 Pelaksanaan proses pemelajaran

 Pelaksanaan Uji Kompetensi

 Pelaksanaan Ujian Nasional

 KBM berjalan lancar

 Tersedianya bahan ajar sesuai kurikulum

 Daya serap siswa

 Lulus

 Siswa lulus pada tahap I 92 persen

Koord. Kurikulum

Koord. Kurikulum

Koord. Kurikulum

Koord. Kurikulum

Koord. Kurikulum
95

70

90

99

87

 Masih ada guru yang meninggalkan kelas pada jam belajar

 Guru enggan membuat modul

 Adanya siswa yang naik peringkat

 Siswa tidak ikut uji kompetensi

 Siswa tidak lulus pada tahap I
 Membina guru yang bermasalah

 Mengikutkan guru pada pelatihan pembuatan modul

 Remedial/pemberian tugas bagi siswa

 Pembinaan kepada siswa bersangkutan

 Siswa mengikuti Paket C

2.
Ketenagaan
 Pemenuhan tenaga fungsional dan administrasi

 Kenaikan pangkat Guru/TU

 Semua tugas terbagi habis

 Guru/TU naik pangkat pada waktunya

Wakil/Kasubag TU

Kasubag TU

100

95
 Disiplin kerja kurang

 Perhitungan PAK yang tidak sama

 Pembinaan kepada Guru/TU bermasalah

 Pengusulan kembali

NO KOMPONEN / SUB KOMPONEN URAIAN KEGIATAN URAIAN KEGIATAN PELAKSANA PEN. JAWAB PENCAPAIAN (%) KENDALA TINDAK LANJUT

 Peningkatan kemampuan guru

 Mengikutkan program penyetaraan S1/ mengikuti diklat

Wakil
90
 Guru tidak bersedia ikut program
 Pembinaan kepada guru yang bersangkutan

3.
Pembinaan Kesiswaan
 Pelaksanaan PSB

 Pembinaan kesiswaan

 Pemilihan pengurus OSIS

 Penelusuran tamatan

 Penanggulangan drop out siswa

 Kelas I = 7 kelas

 Adanya tata tertib siswa
 Adanya PSG
 Adanya ekstra kurikuler

 OSIS baru

 Terbentuknya ikatan alumni

 Adanya 15 siswa yang keluar

Wakil

Koord. Kesiswaan

Koord. Kesiswaan

Koord. Kesiswaan

Koord. Kesiswaan
Koord. Kesiswaan

100

95

100

30

1.8
 Peminat

 Masih ada siswa yang terlambat dan tidak masuk tanpa berita

 Pengurus OSIS bekerja tidak optimal

 Sulit menghubungi alumni

 Minat belajar kurang
 Disarankan ke sekolah lain

 Pembinaan kepada siswa yang bersangkutan

 Penggantian pengurus OSIS

 Diusahakan tahun 2006

 Memberi motivasi dan beasiswa

 Analisis kebutuhan sarana

 Pengadaan sarana dan prasarana

 Pemeliharaan sarana/prasarana

 Terpenuhinya sarana yang dibutuhkan

 Sarana yang diperlukan terpenuhi
 Sarana terpelihara dengan baik
 Tercapainya 5K
Kasubag TU

Kasubag TU

Kasubag TU
80

 Keengganan kaprog mengusulkan kebutuhan sarana

 Sumber dana yang masih terbatas

 Kurang adanya rasa memiliki

 Menghimbau kembali untuk mendata kebutuhannya

 Mengususlkan ke instansi terkait

 Memberikan motivasi pada pemakai mampu memelihara

NO KOMPONEN / SUB KOMPONEN URAIAN KEGIATAN URAIAN KEGIATAN PELAKSANA PEN. JAWAB PENCAPAIAN (%) KENDALA TINDAK LANJUT

 PKLH
 Tercapainya 5K
PLH
80

 Kurang adanya kesadaran budaya bersih

 Memberikan motivasi pada pemakai mampu memelihara

5.
Pengelolaan Humas/Hubin
 Mencari perusahaan untuk bekerja sama

 Pelaksanaan PSG

 Pelaporan PSG
 Adanya MOU

 Siswa PSG secara serentak

 Adanya laporan PSG
Koord. Humas/ Hubin

Koord. Humas/ Hubin

Koord. Humas/ Hubin

30

40

95

 Masih sedikit perusahaan yang terikat kerja

 Masih sulit mencari perusahaan untuk PSG dalam satu waktu

 Masih sedikit perusahaan yang terikat kerja

 Mengadakan pendekatan terus menerus

 Diupayakan tahun 2008-2009

 Monitoring lebih ditingkatkan

6.
Administrasi/Tata Usaha
 Administrasi Kepegawaian

 Administrasi Kesiswaan

 Administrasi Keuangan

 Buku Induk, DUK terisi lengkap, Buku Pengawas Berkala, Kenaikan Pangkat

 Buku Induk Siswa, Klapper, Mutasi, 8355 dan data

 Turunnya dana APBD/APBN
 Iuran IPDB/Komite bulanan

Kasubag TU/
Urs. Kepegawaian

Kasubag TU/
Urs. Kesiswaan

PKC

Bend. Komite

90

90

95

75

 Masih ada guru yang memberi data kurang lengkap

 Masih ada data diisi tidak lengkap

 Kesra/Tunjangan Khusus masih terlambat
 Masih 30% siswa yang belum melunasi

 Akan diupayakan

 Meminta data ke siswa

 Mengusulkan supaya tidak terlambat
 Diusahakan di tahun berjalan

NO KOMPONEN / SUB KOMPONEN URAIAN KEGIATAN URAIAN KEGIATAN PELAKSANA PEN. JAWAB PENCAPAIAN (%) KENDALA TINDAK LANJUT

 Administrasi Inventaris

 Administrasi Sekretaris
 Terpenuhinya kebutuhan ATK
 Adanya KIR, KIB dan laporan triwulan dan tahunan

 Terkerjakannya buku agenda, arsip surat masuk/keluar
 Terbuatnya data guru, pegawai dan siswa

Kasubag TU/
Urs. ATK
Urs. Inventaris

Kasubag TU

Kasubag TU

80

90

95

 ATK belum sedikit dengan lengkap
 Barang pindah ruangan tanpa pemberitahuan
 Laporan tidak sama

 Tidak semua surat teragendakan dengan baik
 Data siswa kurang lengkap

 Diusahakan pembuatan KIR baru

 Dihimbau untuk diagendakan
 Minta kelengkapan data

BAB II
PROFIL SEKOLAH

A. Peserta Didik

Rombongan Belajar, Siswa dan Status Pekerjaan Orang Tua/Wali per kelas
Tahun Pelajaran 2008-2009
No. Kelas Jumlah Rombel Jumlah Siswa Status Pekerjaan Orang Tua/Wali
L P Jumlah PNS TNI/POLRI Swasta Wiraswasta Pensiunan Lain-Lain Jumlah

Keadaan Kelas, Siswa per kelompok usia, penghasilan orang tua dan jarak tempuh siswa ke sekolah
Tahun Pelajaran 2008-2009

No. Kelas Jumlah Rombel Kelompok Usia Penghasilan Orang Tua/Wali
19 tahun 3 juta
1.
2.
3.

B. Data Guru

Keadaan Jenis Guru, Jenis Kelamin, Pangkat/Golongan dan Masa Kerja
Tahun Pelajaran 2008-2009

No. Jenis Guru Jenis Kelamin Pangkat, Golongan Masa Kerja
L P Jumlah Gol. II Gol. III Gol. IV 20 th
1.
2.
3.

C. Data Pegawai
Keadaan Jenis Pegawai, Jenis Kelamin, Pangkat/Golongan dan Masa Kerja
Tahun Pelajaran 2008-2009

No. Jenis Pegawai Jenis Kelamin Pangkat, Golongan Masa Kerja
L P Jumlah Gol. II Gol. III Gol. IV 20 th
1.
2.
3.

D. Data Sarana Prasarana
1. Keadaan ruangan pendidikan

No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Ringan Rusak Berat

1.

2.

3.

4.

5.

Ruang Teori

Ruang Laboratorium
a. Laboratorium Kimia
b. Laboratorium Fisika
c. Komputer
d. Bahasa

Sarana Olah Raga
a. Lapangan Basket
b. …………………………………
c. …………………………………

Ruang Perpustakaan

Ruang Keterampilan :
a. Persiapan Grafika
a.1. Perwajahan
a.2. Montase
a.3. Setting
a.4. Plate Maker
a.5. Ruang Kamera

b. Produksi Grafika
b.1. Cetak Tinggi
b.2. Cetak Khusus
b.3. Cetak Offset
b.4. Ruang Jilid

No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Ringan Rusak Berat

6.

7.
c. Multimedia
c.1. Komputer
c.2. ……………….

Ruang Media

Ruang Bimbingan Konseling / BP

2. Keadaan Perabot Sekolah

No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Ringan Rusak Berat

1.

2.
Ruang Kelas
a. meja siswa
b. kursi siswa
c. papan tulis
d. meja guru
e. kursi guru

Ruang Administrasi
a. almari besi
b. almari kayu
c. meja
d. kursi
e. komputer
f. filling kabinet
g. telephone
No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Ringan Rusak Berat

3.

4.

5.

6.

h. mesin tik
i. pemotong kertas
j. kipas angin
k. tv

Ruang Kepala Sekolah
a. telephone
b. brankas
c. ac
d. meja
e. kursi
f. almari
g. filling kabinet
h. meja tamu
i. kursi tamu
j. video

Ruang Penunjang
a. TV
b. dispenser
c. kulkas

Alat, media, peraga
a. OHV

Ruang Praktik

a. Ruang Laboratorium Kimia

b. Ruang Laboratorium Fisika

c. Ruang Komputer .
No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Berat

d. Ruang Lab Bahasa
- meja master
- VCD
- TV 14”
- tape deck
- meja student
- headset
- bracket TV 29”
- kaca ray bad
- kursi dorong

e. Persiapan Grafika
e.1. Ruang Montase
- meja montase
- kursi
- lemari
- meja dan kursi guru

e.2. Ruang Perwajahan
- meja gambar besi
- meja gambar kayu
- kursi
- lemari
- meja guru

e.3. Ruang Kamera
- kamera vertikal
- kamera horizontal
- lampu kontak
- mesin kontak
- prosesor film

No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Berat

- mesin laminating
- bak pengembang

e.4. Ruang Plate Maker
- mesin plate maker
- meja panjang
- kursi
- meja guru
- kursi guru
- bak pengembang
- lemari
- meja montase
- mesin prosesor pelat

f. Produksi Grafika
f.1. Ruang Cetak Offset
- mesin cetak offset multigraf
- mesin cetak Solna
- mesin cetak rotraprint
- mesin cetak hashimoto
- mesin potong

f.2. Ruang Cetak Tinggi
- mesin cetak Gordon
- mesin cetak Degel
- meja
- kursi
- rak rol

No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Berat

f.3. Ruang Cetak Khusus
- meja cetak sablon
- mesin bor kertas
- mesin gergaji
- locker

f.4. Ruang Jilid/Penyelesaian
- mesin potong
- mesin jahit kawat
- mesin bord
- mesin perfect binding
- mesin spiral
- mesin perporasi
- mesin press
- whiteboard
- lemari
- meja kerja
- meja guru
¬ - kursi guru
- bangku panjang

3. Keadaan Ruang Administrasi

No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Berat

1.
2.
3.
4.
5.

Ruang Kepala Sekolah
Ruang Wakil Kepala Sekolah
Ruang Guru
Ruang reproduksi
Ruang Tata Usaha

4. Keadaan Ruang Penunjang

No. Uraian Jumlah Keadaan Kurang/Lebih
Baik Rusak Berat

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

Ruang Ibadah
Ruang OSIS
Ruang Serbaguna / Umum
Kamar Mandi / WC
Ruang UKS / PMR
Kantin Sekolah
Gudang
Rumah Jaga

BAB II
PROGRAM KERJA SEKOLAH

A. Program Rutin

No. Komponen Program dan Kegiatan Tujuan Sasaran (Volume) Indikator Ketercapaian Pelaksana

1.
Manajemen Kurikulum
A. Mengelola pengembangan Kurikulum dan Kegiatan Belajar Mengajar

1. Mengembangkan kurikulum

2. Mengelola kegiatan belajar mengajar

3. Validasi KTSP

4. Penyusunan KTSP

5. Penyusunan Implementasi KTSP

6. Penyusunan program PBM Semester

7. Penyusunan PBM RPP dan SAP

8. Penyusunan dan Pelaksanaan Desain Pemelajaran

Adanya kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan DU/DI

KBM dapat dilaksanakan dengan baik

MD yang diberikan sesuai kebutuhan DU/DI

Mata Diklat teranalisis sesuai kebutuhan

Guru dapat menyiapkan program tahunan/semester secara terencana

Guru dapat menyiapkan bahan ajar

Guru dapat menyiapkan bahan ajar

53 orang
2x

53 orang
2 semester

53 orang
1x

53 orang
1x

53 orang
1x

53 orang
2 semester

53 orang
2 semester

53 orang
3x

Lulusan sesuai kebutuhan DU/DI

KBM terlaksana dengan baik

Lulusan sesuai kebutuhan DU/DI

Kurikulum terlaksana dengan baik

Siapnya rencana pengajaran secara baik dan lengkap

Pelajaran dapat diberikan dengan baik

Pelajaran dapat diberikan dengan baik

Waka Kurikulum

Waka Kurikulum
Guru

Waka Kurikulum
Guru

Waka Kurikulum
Guru

Waka Kurikulum
Guru

Waka Kurikulum
Guru

Waka Kurikulum
Guru

Waka Kurikulum
Guru

No. Komponen Program dan Kegiatan Tujuan Sasaran (Volume) Indikator Ketercapaian Pelaksana

B. Proses Belajar Mengajar

1. Pelaksanaan diklat/pemelajaran di sekolah

2. Pelaksanaan diklat/pemelajaran di industri (prakerin)

3. Supervisi kelas

4. Supervisi pelaksanaan diklat/pemelajaran di inudustri kelas XI

C. Evaluasi dan Pelaporan

1. Evaluasi dan Pelaporan normatif2.

Pelaksanaan diklat/pemelajaran di sekolah dapat berjalan dengan lancar

Prakerin dapat berjalan dengan sistem block (block release)

Guru mengajar sesuai SAP

Adanya persamaan persepsi antara sekolah dengan industri

53 orang
12x

53 orang
1x

53 orang
2 semester

53 orang
3x

Pelaksanaan diklat/pemelajaran di sekolah dengan lancar

Pelaksanaan prakerin berjalan dengan efektif dan efisien

Guru mengajar dengan efektuf dan efisien

Prakerin berjalan sesuai program

Waka Kurikulum
Guru

Pokja Prakerin
Guru Pendamping

Kepala Sekolah
Waka Kurikulum
Guru

Pokja Prakerin
Guru Pendamping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman

April 2014
S S R K J S M
« Okt    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kategori

Kategori

Komentar Terakhir

kasmanto on silabus sd 2013
yanti on silabus sd 2013

Blog Stats

  • 121,028 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: