Kasmanto's Weblog

Kode eTIK gURU

SMK Negeri 7 Jakarta
Jl. Tenggiri No. 1 Rawamangun Jakarta Timur. 13220 Telp./Fax. : 021 4711564

Kode Etik Guru
Pasal 6

(1) Hubungan Guru dengan Peserta Didik :

a. Guru berperilaku secara profesional dalam melaksanakan tugas didik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
b. Guru membimbing peserta didik untuk memahami, menghayati dan mengamalkan hak-hak dan kewajiban sebagai individu, warga sekolah, dan anggota masyarakat.
c. Guru mengetahui bahwa setiap peserta didik memiliki karakteristik secara individual dan masing-masingnya berhak atas layanan pembelajaran.
d. Guru menghimpun informasi tentang peserta didik dan menggunakannya untuk kepentingan proses kependidikan.
e. Guru secara perseorangan atau bersama-sama secara terus-menerus berusaha menciptakan, memelihara, dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik.
f. Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang dilandasi rasa kasih sayang dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan fisik yang di luar batas kaidah pendidikan.
g. Guru berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik.
h. Guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan keseluruhan kepribadiannya, termasuk kemampuannya untuk berkarya.
i. Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali merendahkan martabat peserta didiknya.
j. Guru bertindak dan memandang semua tindakan peserta didiknya secara adil.
k. Guru berperilaku taat asas kepada hukum dan menjunjung tinggi kebutuhan dan hak-hak peserta didiknya.
l. Guru terpanggil hati nurani dan moralnya untuk secara tekun dan penuh perhatian bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya.
m. Guru membuat usaha-usaha yang rasional untuk melindungi peserta didiknya dari kondisi-kondisi yang menghambat proses belajar, menimbulkan gangguan kesehatan, dan keamanan.
n. Guru tidak boleh membuka rahasia pribadi serta didiknya untuk alasan-alasan yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan, hukum, kesehatan, dan kemanusiaan.
o. Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesionalnya kepada peserta didik dengan cara-cara yang melanggar norma sosial, kebudayaan, moral, dan agama.
p. Guru tidak boleh menggunakan hubungan dan tindakan profesional dengan peserta didiknya untuk memperoleh keuntungan-keuntungan pribadi.

LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka
pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik

No. INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI Skor
I PRAPEMBELAJARAN 1 2 3 4 5
1. Mempersiapkan siswa untuk belajar 1 2 3 4 5
2. Melakukan kegiatan apersepsi 1 2 3 4 5
II KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A. Penguasaan materi pelajaran 1 2 3 4 5
3. Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran 1 2 3 4 5
4. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan 1 2 3 4 5
5. Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar
dan karakteristik siswa 1 2 3 4 5
6. Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan 1 2 3 4 5
B. Pendekatan/strategi pembelajaran
7. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang
akan dicapai dan karakaterstik siswa 1 2 3 4 5
8. Melaksanakan pembelajaran secara runtut 1 2 3 4 5
9. Menguasai kelas 1 2 3 4 5
10. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual 1 2 3 4 5
11. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya
kebiasaan positif 1 2 3 4 5
12. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan 1 2 3 4 5
C. Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran
13. Menggunakan media secara efektif dan efisien 1 2 3 4 5
14. Menghasilkan pesan yang menarik 1 2 3 4 5
15. Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media 1 2 3 4 5
D. Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
16. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran 1 2 3 4 5
17. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa 1 2 3 4 5
18. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar 1 2 3 4 5
E. Penilaian proses dan hasil belajar
19. Memantau kemajuan belajar selama proses 1 2 3 4 5
20. Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) 1 2 3 4 5
F. Penggunaan bahasa
21. Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar 1 2 3 4 5
22. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai 1 2 3 4 5
III PENUTUP
23. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan
siswa 1 2 3 4 5
24. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau
kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan 1 2 3 4 5
Skor Total

No. INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI Skor
1. Agenda kerja guru bimbingan dan konseling (lengkap, relevan) 1 2 3 4 5
2.
Daftar konseli (siswa) (jumlah, peta permasalahan, waktu
pelayanan, jenis pelayanan) 1 2 3 4 5

3. Data kebutuhan dan permasalahan konseling 1 2 3 4 5
a. Hasil amatan langsung guru BK 1 2 3 4 5
b. Hasil penggunaan instrumen (tes dan non tes) 1 2 3 4 5
4. Laporan bulanan (sistemantis, lengkap) 1 2 3 4 5
5. Laporan semesteran/tahunan (sistemantis, lengkap) 1 2 3 4 5
6. Aktivitas pelayanan bimbingan dan konseling 1 2 3 4 5
a. Pemahaman
1) Catatan anekdot (ada, lengkap, bermakna) 1 2 3 4 5
2) Kunjungan rumah (prosedural, lengkap, bermakna) 1 2 3 4 5
3) Konferensi kasus (prosedural, lengkap, bermakna) 1 2 3 4 5
4) Sosiometri (ada sosiogram, analisis, dan tindak lanjut) 1 2 3 4 5
b. Pelayanan Langsung
1) Konseling individual 1 2 3 4 5
2) Konseling kelompok 1 2 3 4 5
3) Konsultasi 1 2 3 4 5
4) Bimbingan kelompok/klasikal*): ……. (isi sesuai berkas) 1 2 3 4 5
5) Bimbingan kelompok/klasikal*): ……. (isi sesuai berkas) 1 2 3 4 5
6) Bimbingan kelompok/klasikal*): ……. (isi sesuai berkas) 1 2 3 4 5
7) Bimbingan kelompok/klasikal*): ……. (isi sesuai berkas) 1 2 3 4 5
8) Referal 1 2 3 4 5
c. Pelayanan Tidak Langsung (pilih tiga dari pelayanan sebagai berikut: papan bimbingan, kotak masalah, bibliokonseling, audiovisual, audio, media cetak: liflet, buku saku)
1) …………………………………….. (lengkap dan bermakna) 1 2 3 4 5
2) …………………………………….. (lengkap dan bermakna)
1 2 3 4 5
3) …………………………………….. (lengkap dan bermakna) 1 2 3 4 5
7 Laporan hasil evaluasi program bimbingan dan konseling serta
tindak lanjutnya

a. Evaluasi proses dan produk (lengkap, kesesuaian antar
komponen dalam program) 1 2 3 4 5
b. Analisis dan pengambilan keputusan (tepat dan akurat) 1 2 3 4 5
c. Tindak lanjut (jelas, realistik, tepat) 1 2 3 4 5
Skor Total

Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka
pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik

No. Aspek yang dinilai] Skor
1. Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran
agama yang dianut, misal: orang muslim rajin menjalankan sholat,
orang Kristiani rajin ke gereja, dll.) 1 2 3 4 5
2. Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan
ketentuan, misal: melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai
jadwal) 1 2 3 4 5
3. Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal: ijin tidak masuk
atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya) 1 2 3 4 5
4. Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal mulai
dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal) 1 2 3 4 5
5. Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku
bagi orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejewat dan peserta didik
dalam tutur kata, berpakaian, dll.) 1 2 3 4 5
6. Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal
yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan
mentaati kaidah-kaidah dalam tugas) 1 2 3 4 5
7. Inovasi dan Kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan
pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha
menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya
dalam proses pembelajaran di kelas) 1 2 3 4 5
8. Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik
dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan
akomodatif terhadap saran orang lain) 1 2 3 4 5
9. Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan
bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal: dalam
keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)
10. Kemampuan bekerjasama 1 2 3 4 5
Skor Total

A. Perangkat Pembelajaran Guru :

1. Program tahunan
2. Program semester
3. Pemetaan kompetensi
4. Silabus
5. RPP
6. Membuat bahan ajar
a. Modul
b. Alat peraga
c. CD pembelajaran, audio visual
d. Film
e. E-learning
f. Internet
g. Hand Out
h. Dll.
7. Melaksanakan pengajaran
8. Melaksanakan evaluasi
9. Daftar hadir siswa/absensi
10. Agenda guru
11. Membuat analisis hasil evaluasi
12. Penilaian sikap dan minat
13. Remedial/pengayaan
14. Kontrak belajar antara guru bidang studi dengan
peserta didik.
15. Metode disesuaikan dengan bahan ajar yang
dilakukan.
16. Jurnal kelas
17. Denah duduk peserta didik

B. Garis Besar Program Kerja Bid. Kurikulum

WAKA KURIKULUM
Uraian Tugas Utama :
1. Memasyarakatkan dan mengembangkan kurikulum
2. Menyusun program Diklat (mingguan, bulanan, semester, tahunan) dan mengkoordinasikan pelaksanaannya
3. Menganalisis ketercapaian target kurikulum
4. Mengkoordinir pengembangan kurikulum
5. Mengkoordinir kegiatan pemelajaran, termasuk pembagian tugas guru, jadwal pelajaran dan evaluasinya dan sebagainya
6. Mengkoordinasikan persiapan pelaksanaan Ebta/Ebtanas, Uji Produktif SMK dan sebagainya
7. Menyusun criteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan bersama Ka. Program Studi sesuai ketentuan yang berlaku
8. Mengarahkan penyusunan Satpel
9. Menggali menghimpun dan menyusun materi untuk menyesuaikan kurikulum dan program magang/PSG bersama Ka. Program dan Pokja PSG
10. Mengajar 9 jam pelajaran
11. Menyusun laporan
12. Mengadakan koordinasi dengan wakil bidang lain
13. Mewakili kepala sekolah dalam hal-hal tertentu

HASIL KERJA
• Adanya Pokja Kurikulum
• Adanya perangkat pelaksanaan KBM
• Terlaksananya pembuatan pencapaian target kurikulum dan daya serap
• Terlaksananya KBM sesuai jadwal
• Terlaksananya pelaksanaan evaluasi belajar semester, kenaikan kelas, UAS/UAN, uji kompetensi
• Adanya criteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan
• Terlaksananya mengajar 9 jenis pelajaran
• Terwujudnya laporan

WEWENANG
• Mewakili kepala sekolah apabila tidak berada di tempat
• Menyusun jadwal pelajaran
• Bertanggung jawab pencapaian target kurikulum
• Bertanggung jawab pelaksanaan ulangan semester, kenaikan kelas dan UAS
• Memberikan data mengenai guru, karyawan kepada kepala sekolah
• Mengkoordinir keseluruhan kegiatan pengajaran pada ketua jurusan

TANGGUNG JAWAB
Melaksanakan tugas harian sesuai dengan surat tugas dari Kepala Sekolah apabila tidak ada di tempat.

PERALATAN DAN BAHAN
• Peralatan
 Perangkat KBM dan PBM
 ATK
• Bahan
 Perangkat kurikulum
 Kelengkapan KBM dan PBM
 Data calon siswa
 Biodata guru
 Peraturan yang relevan

SIFAT JABATAN
• Setiap hari kerja
• Loyalitas dan etos kerja

Staff Kurikulum :
1. Mengkoordinasikan penyusunan program tahunan, program semester, rencana pembelajaran, evaluasi dan analisis mata pelajaran.
2. Mengkoordinasikan pelaksanaan tes formatif dan sumatif.
3. Analisis ketuntasan tes formatif dan sumatif.
4. Merekap ketuntasan dan daya serap setiap mata pelajaran.
5. Memantau dan mengkoordinasikan penanganan jam kosong pada pelaksanaan KBM sehari-hari.
6. Mendata daftar hadir guru dalam kegiatan KBM.
7. Membuat dan mengatur pelaksanaan supervise.
8. Menjabarkan kalender pendidikan akademik.
9. Mengkoordinasikan pengentrian nilai ulangan perbaikan atau remedial.
10. Mengkoordinasikan pembinaan kelompok olimpiade dan LKS.
11. Menyusun pembagian tugas mengajar guru dan menyusun jadwal pelajaran.
12. Mengkoordinasikanpelaksanaan SAS.
13. Menyusun dan melaporkan pelaksanaan kegiatan bid. Kurikulum.

Catatan :
1. Honor Ka.prog keahlian, Pembina siswa 50% dari Waka.
2. Honor Wali kelas 50% dari Ka. Prog keahlian.
3. Honor staff waka, 50% dari Waka.
4. Transport Raker Rp 100.000/hari.
5. Transport rapat dinas Rp. 50.000/rapat.

Sistem dan persyaratan regenerasi staff menejemen sekolah :

Wakil Kepala Sekolah :
1. Masa jabatan waka. Sekolah, satu periode 2 tahun, dan boleh dipilih kembali utk satu periode berikutnya.
2. Setiap calon waka. Sekolah wajib mempresentasikan visi dan misinya (dlm bentuk karya tulis).
3. Pengangkatan waka. Sekolah dilaksanakan berdasarkan keputusan dewan guru.
4. Harus PNS minimal golongan III/C.
5. Masa kerja diatas 7 tahun, sesuai sk pengangkatan.
6. Dapat mengoperasikan komputer dan bisa berbahasa inggris (pasip).
7. Pernah menjadi staff (walas, Kaprog, Pembina siswa)
8. Loyal terhadap institusi.

Pengurus Komite :
1. Masa jabatan komite, satu periode 3 tahun.
2. Dipilih oleh dewan guru.
3. Kalau berasal dari orangtua/wali siswa, dipilih oleh perwakilan orangtua siswa yang masih aktif.

Rekrutmen Guru dan Karyawan:

Guru :
1. Lulusan S1 dan memiliki akta IV.
2. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
3. Bersedia hadir 3 hari kerja (guru honor).
4. Kontrak kerja dilakukan setiap tahun.
5. Bersedia mengundurkan diri jika ada guru PNS baru dan tidak menuntut pesangon
6. Loyal terhadap institusi sekolah.

Karyawan (Tata Usaha):
1. Lulusan minimal D3.
2. Mampu mengoprasikan computer (MS-Office).
3. Kontrak kerja dilakukan setiap tahun.
4. Bersedia mengundurkan diri jika ada karyawan PNS
Baru dan tidak menuntut pesangon.
5. Loyal terhadap institusi sekolah.

Satpam, Tukang Kebun dan Pesuruh
1. Lulusan minimal SLTA.
2. Kontrak kerja dilakukan setiap tahun.
3. Bersedia mengundurkan diri jika ada karyawan PNS
Baru dan tidak menuntut pesangon.
4. Sehat jasmani dan rohani.
5. Hanya boleh tinggal dilingkungan sekolah bersama istri, dan anak yang belum menikah.
6. Loyal terhadap institusi sekolah.

Catatan :
- Bagi guru dan karyawan honor, yang masih aktif,tetap harus menandatangani kontrak kerja yang disepakati.
- Setiap tahun akan diadakan kontrak kerja baru.

Pemberdayaan MGMP Sekolah
1. Membentuk tim MGMP Sekolah dan diterbitkan SK.
2. Melaksanakan pertemuan rutin minimal 1 bulan sekali.
3. Ada dana operasional MGMP satuan pendidikan / bulan minimal Rp. 50.000;
4. Untuk MGMP keluar dari Sekolah transportasi Rp. 50.000/ orang (DKI Jakarta), untuk luar kota minimal Rp. 250.000 s.d Rp. 1 juta (disesuaikan jarak tempuh)

Catatan :
1. Untuk kegiatan transportasi ke luar sekolah :
- Pelatihan di DKI, minimal Rp. 50.000/hari
- Diluar DKI, minimal Rp. 250.000 s.d Rp. 1 juta.

1 Tanggapan to "Kode eTIK gURU"

Ths mas Bergman untuk menambah Dan menyempurnakan kode etik
Sekul kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman

April 2014
S S R K J S M
« Okt    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kategori

Kategori

Komentar Terakhir

kasmanto on silabus sd 2013
yanti on silabus sd 2013

Blog Stats

  • 120,962 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: